Tuesday, September 9, 2014

Membersihkan Komedo Tanpa Sakit

KOMEDO merupakan bintik kecil hitam yang muncul di permukaan kulit. Penyebab komedo adalah penyumbatan pori-pori kulit karena penumpukan keratin dan sebum yang mengandung minyak. Komedo biasanya muncul di wajah serta hidung, terutama pemilik kulit berminyak. Timbulnya komedo juga disebabkan beberapa faktor seperti perubahan hormon, genetik, stres, merokok, minum alkohol, kosmetik dan lain-lain. Namun, Anda tak perlu khawatir karena Anda dapat membersihkan komedo tanpa rasa sakit dengan cara ini:
1. Lemon
Anda dapat membersihkan komedo dengan memeras lemon, lalu tambahkan garam dan campurkan hingga rata. Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat dan oleskan campuran air lemon. Diamkan selama 20 menit dan bilas kembali wajah dengan air hangat.

2. Tomat
Tomat memiliki antiseptik atau bahan antikuman untuk mengeringkan komedo. Caranya, kupas dan tumbuk tomat berukuran kecil. Lalu, oleskan pada area yang berkomedo sebelum tidur. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.
3. Oatmeal dan yoghurt
Campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan tiga sendok makan yoghurt. Lalu tambahkan satu sendok makan jus lemon dan minyak zaitun, aduk hingga rata dan kental. Setelah itu, oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Madu
Oleskan madu di area berkomedo dan bilas wajah dengan air hangat setelah didiamkan selama 15 menit. Madu ampuh membersihkan komedo sebab mengandung antiseptik dan mampu membantu mengatasi kulit berminyak.

5. Pasta gigi
Oleskan pasta gigi pada area yang berkomedo, lalu gosok secara perlahan. Diamkan selama 25 menit dan cuci wajah dengan air hangat. Ulangi langkah ini selama sekitar 2 minggu agar wajah bebas komedo.

Selamat mencoba!
Di-review oleh dr. Fransisca Alvionita