Thursday, March 10, 2016

ZTE Blade A1, Smartphone Canggih dengan Harga Sejutaan

Foto: androidcommunity.com
Smartphone Anda masih 3G? Kalau begitu, Anda pasti sedang bersiap-siap untuk membeli HP baru yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Soalnya, entah mengapa, sejak jaringan 4G di’booming’kan, jaringan 3G jadi lemot luar biasa. Apa ini akal-akalan provider, bersama produsen HP, supaya semua pengguna smartphone segera beralih ke jaringan 4G – yang artinya harus ganti HP dengan yang model terbaru? Entahlah. Namun yang jelas, internet dari provider yang saya gunakan belakangan ini betul-betul menyebalkan lemotnya, hingga akhirnya saya memutuskan untuk tak menggunakan internet dari provider lagi, dan hanya bergantung pada jaringan wifi.

Apabila Anda mengalami hal yang sama dengan saya, masih menggunakan smartphone 3G, pilihannya adalah sabar, beralih ke wifi, atau membeli HP baru dan migrasi ke jaringan 4G. Kalau Anda sudah menjadi seorang yang ‘autis maniak’ – asyik dengan HP di mana pun, baik nge-chat, main game, nonton streaming, atau pun browsing berita dan sebagainya, maka pilihannya ialah beli HP baru yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Ya tinggal disiapkan saja uangnya.


Foto: oketekno.com
Saat ini ada banyak tawaran smartphone 4G dalam berbagai harga. Mulai dari yang harga sejutaan, yang kelas menengah, sampai yang kelas atas. Namun yang harus dipastikan ialah tingkat kebutuhan Anda. Kalau cuma buat chatting dan narsis-narsisan, tentunya tak perlu harus membeli HP dari kelas atas. Karena pasti akan banyak fiturnya yang jadi mubazir. Jadi, ya akhirnya memang terserah Anda. Mau beli HP sesuai fungsi, atau menuruti gengsi.

Belum lama ini, Phone Arena telah melansir berita mengenai smartphone ZTE – buatan Cina. Kabarnya, HP ZTE ini memiliki fitur yang canggih – salah satunya ialah dengan adanya sensor sidik jari sebagai pengaman, yang selama ini hanya ada di smartphone kelas atas, dan lantas juga mulai dipasang di HP kelas menengah. Namun HP yang kita bicarakan ini bukanlah dari kelas menengah apalagi kelas atas. Ini HP Android murah tapi dengan teknologi top! Berminat?


Foto: phonearena.com
Nama HP-nya ZTE Blade A1. Smartphone ini bakal dijual perdana di negerinya sendiri, China dengan harga 94 dolar Amerika (US$ 94), atau sekitar Rp. 1,3, secara online lewat JD.com. Namun belum ada kepastian kapan akan dipasarkan di Indonesia. Jadi, sebaiknya sabar dulu, sambil terus menggali-gali kabar mengenai saingan-saingannya.

Sebagai kompensasi harganya, chasing ZTE Blade A1 dibuat dari plastik. Namun secara spesifikasi, terbilang lumayan oke untuk ukuran smartphone dari kelas menengah bawah. Layarnya memiliki bentang 5 inchi dengan resolusi 720p, dan dapur pacunya ditenagai oleh prosesor quadcore dari MediaTek MT6735 berkecepatan 1,3 GHz.

Spesifikasi utamanya yang lain ialah, sebagai pendukung performanya, ponsel ini bekerja dengan sistem operasi Android teranyar – Lollipop yang dikustomisasi oleh ZTE, dengan besaran RAM 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB – yang pasti akan sangat leluasa untuk diisi dengan berbagai aplikasi kebutuhan Anda dan sekaligus sebagai penyimpan berbagai file. Namun untuk memenuhi kebutuhan Anda akan ruang penyimpanan yang lebih luas, media penyimpanannya juga bisa diekspansi dengan memori microSD.


Foto: phonearena.com
Sebagai sarana buat mendokumentasikan kegiatan Anda, dan tentunya juga untuk bernasis-nasisan-ria, ZTE Blade A1 dilengkapi dengan kamera belakang 13 megapixel serta kamera depan 8 megapixel. Untuk berkomunikasi, smartphone ini dibekali dengan dual SIM yang mendukung jaringan 4G LTE, serta baterai berkekuatan 2.800 mAh.

Untuk keamanan data Anda dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab, ZTE Blade A1 dibekali sistem keamanan fingerprint atau sensor sidik jari. Jadi, tanpa sidik jari Anda, tak seorang pun bisa mengakses ponsel Anda ini. Sensor tersebut ditempatkan pada bagian belakang, di bawah kamera, dan responnya sangat cepat dalam menganalisa sidik jari. Hanya dalam waktu 0,3 detik, Anda bisa membuka ZTE Blade A1 Anda. Tapi orang lain tidak akan bisa.