Wednesday, September 17, 2014

Telah Tersedia: Kitkat buat Sony Xperia Z


Pengguna smartphone mana yang tak mengimpikan sistem operasi ponselnya segera diganti dengan Android Kitkat? Sebab, sebagai sistem operasi release terbaru dari Android, Kitkat pasti memiliki banyak kelebihan dibanding pendahulunya, serta juga telah disempurnakan di sana-sini kekurangan-kekurangannya selama ini. Salah satu yang paling penting ialah kemampuannya dalam penggunaan catu daya, atau baterai. Sebab sampai saat ini, daya tahan baterai masih menjadi masalah utama pada smartphone – walaupun sudah coba diakali dengan pengadaan powerbank.
Selain penyempurnaan dalam penggunaan catu daya – sehingga lebih hemat, Android Kitkat juga sudah mendapat perbaikan dalam pengelolaan memori. Pengolaan memori ini sangat penting, karena berkaitan dengan kinerja sistem operasi – khususnya dalam menjalankan fungsi multi taskingnya. Kalau pengelolaan memorinya baik, maka aplikasi apa pun yang dijalankan, dan juga fungsi multi tasking ponsel, akan berjalan lancar dan halus-mulus. Jadi, boleh berlega hati karena kasus-kasus hang atau bengong terlalu lama akan berlalu dari smartphone Anda, saat menjalankan aplikasi yang berat atau banyak aplikasi sekaligus.

Selain dua penyempurnaan yang penting itu, tentu saja ada banyak perbaikan lain yang juga berguna, seperti misalnya fitur Google Now yang akan membantu memprediksi informasi yang Anda butuhkan berdasarkan lokasi Anda, yaitu mengenai situs-situs atau acara televisi yang selama ini menjadi favorit Anda.

Tak ketinggalan juga pembaruan pada aplikasi Hangouts, yang memungkinkan Anda tak lagi perlu repot menangani SMS dan MMS secara terpisah. Karena keduanya kini sudah bisa dilakukan melalui aplikasi Hangouts. Jadi, semua file SMS dan MMS akan tersimpan di dalam aplikasi ini. Kedepannya, aplikasi ini juga akan mendukung Video Call HD pada semua perangkat.

Pembaruan juga meliputi pada aplikasi telepon. Selain perbaikan pada sisi desain yang terlihat lebih segar, aplikasi juga kian cerdas dengan ditanamkannya mesin pencari yang akan berguna untuk mencari kontak bisnis yang terdaftar di Google Maps. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari informasi mengenai kontak bisnis yang dekat dengan lokasi Anda. 

Bagi Anda yang gemar chatting, pada Kitkat akan Anda temukan emoji setiap kali Anda menggunakan keyboard. Jadi, akan ada lebih banyak emoji yang bisa Anda sisipkan pada pernyataan Anda. Lalu, juga ada Lock Screen Art yang keren, yang juga menampilkan tombol navigasi – seperti play, pause, dan lain-lain – yang tetap berfungsi meski layar dalam keadaan terkunci.

Untuk keluasan ruang penyimpanan, Kitkat terkait juga dengan ruang penyimpanan awan (cloud storage) – baik Google Drive, Box, maupun Dropbox. Jadi, Anda bisa menyimpan dan bekerja dengan data tersimpan di peyimpanan awan. Selain itu, Anda juga bisa mencetak dokumen di mana saja melalui fitur Printing OTG (On-The-Go). Jadi, Anda tak perlu repot-repot memindahkan dokumen atau foto ke komputer, karena bisa diprint dengan fasilitas Google Cloud Print. Selain itu, juga bisa mencetak melalui fasilitas WiFi atau Bluetooth, pada printer yang mendukung koneksi nirkabel.

Semua kelebihan itu, kini juga bisa dinikmati oleh pengguna smartphone Sony Xperia tipe Z, ZL, ZR dan juga tablet Z. Karena terhitung mulai hari Selasa, 9 September 2014, Sony telah merilis software Android Kitkat untuk produk-produk tersebut. Jadi, kalau Anda pengguna smartphone Sony Xperia – dengan tipe yang disebut di atas, silakan langsung meng-upgrade sistem operasi Android ponsel Anda itu ke versi terbaru, yaitu Android 4.4.4 Kitkat.

Untuk memudahkan proses peng-upgrade-an itu, silakan mengikuti instruksi berikut ini: Masuk ke Setelan (Setting) > Tentang ponsel (About phone) > Pembaruan perangkat lunak (Software update) > Pembaruan Sistem (Sistem update). Demi kelancaran dan kemudahan proses meng-upgrade tersebut, sebaiknya menggunakan sarana WiFi. Dan kalau harus menggunakan koneksi tanpa WiFi, sebaiknya dicek dulu sisa kuota Anda, agar tak kehabisan di tengah jalan.

Selamat ber-Kitkat.