Friday, October 14, 2011

Perangkap Nyamuk Buatan Sendiri

NYAMUK serangga kecil yang paling menjengkelkan dan bisa juga jadi berbahaya bagi kita. Menjengkelkan karena mengganggu kenyenyakan tidur kita, dan berbahaya kalau ia membawa penyakit malaria, cikungunya, demam berdarah, dan sebagainya. Dan sekarang ini, di saat musim hujan tiba, maka pasukan nyamuk pun akan datang berduyun-duyun. Karena memang pada musim hujanlah mereka berkembang biak dengan pesat. Nah, dengan apa Anda akan melindungi diri serta keluarga Anda dari serbuan para penghisap darah ini?

Memang banyak obat nyamuk yang dijual dipasaran, komplit dengan “iklan kecapnya yang selalu nomor 1”. Yang semprot, yang bakar, yang oles, dan juga yang canggih dalam bentuk elektrik serta ultra sonic. Bisa jadi semuanya memang manjur, tapi kan semuanya itu harus dibeli dan dengan harga yang lumayan menipiskan dompet, apalagi kalau harus digunakan sepanjang hari. Ya setidaknya bisa mengurangi jatah dana buat liburan kitalah. Minimal jadual makan di restoran jadi harus dikurangi. Nah, kena deh kita dikerjain oleh nyamuk.
Tapi sekarang, sepertinya kita bisa bernapas sedikit lega. Kenapa? Karena ada orang iseng yang telah berhasil menemukan cara praktis memberantas nyamuk. Murah, efektif, dan bisa bikin anak-anak kita jadi punya tugas prakarya. Itu kata orang yang mengabarkan soal penemuannya tersebut lewat milis (jaringan korespondensi). Tapi, apakah itu memang benar efektif, ya kita harus mencobanya. Toh biaya untuk membuatnya tak seberapa. Mari kita simak cara pembuatannya ini.
Alat pemerangkap dan pembunuh nyamuk sederhana ini bisa digunakan di mana saja dan tidak punya efek samping buat kita, kecuali kalau kita nekad mau memakannya.  Maka, malau alat ini memang terbukti efektif, silakan Anda sampaikan ke semua orang yang Anda kenal. Atau, jika Anda seorang guru atau tokoh masyarakat, silakan diajarkan di sekolah atau di karang taruna.
Yang dibutuhkan untuk membuat alat ini adalah: 
- 200 ml air 
- 50 gram gula merah 
- 1 gram ragi (beli di toko makanan kesehatan, warung, atau pasar) 
- botol plastik 1,5 liter 
Langkah-langkah pembuatan: 
1. Potong botol plastik di tengah. Simpan bagian atas/mulut botol. 
2. Campur gula merah dengan air panas. Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol. 
3. Tambahkan ragi. Tidak perlu diaduk. Ini akan menghasilkan karbon-dioksida. 
4. Pasang/masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong. 
5. Bungkus botol dengan sesuatu yang hitam, kecuali bagian atas, dan diletakkan di beberapa sudut rumah Anda. 
Dalam dua minggu, Anda akan melihat jumlah nyamuk yang mati di dalam botol. 
Selain membersihkan habitat mereka, tempat berkembang biak nyamuk, kita dapat
menggunakan metode yang sangat berguna ini di sekolah-sekolah, TK, rumah sakit dan rumah. 
Selamat mencoba. Ya anggap saja iseng-iseng berhadiah. Tak besar modalnya, dan tak berapa sulit membuat, toh?