Wednesday, September 25, 2013

Awas, Aplikasi BBM Palsu!

SATU hal yang kita tak boleh lupa dan lengah, bahwa di dunia ini ada banyak orang dengan niat jahat yang menunggu-nunggu kesempatan buat mengerjai kita. Kalau di dunia nyata, mungkin kita sudah tahu cara menghindari atau mengantisipasinya, tapi bagaimana dengan di dunia maya? Dimana kita seringkali berhubungan dengan seseorang tanpa tahu siapa dia sebenarnya secara fisik. Sehingga, terbukti, tidak sedikit orang yang telah menjadi korban kejahatan di internet. Namun tak sedikit juga yang sudah menjadi korban kejahatan melalui jalur telekomunikasi. Telepon, sms, instan messenger, chatting, adalah sarana baru yang produktif bagi para penjahat untuk memangsa korbannya. Sebab banyak orang gapktek dan lengah di media itu, sehingga penipuan seringkali berjalan dengan mulus dan mudah.
Dan satu hal lagi yang kita juga harus ingat, bahwa kalau ada sesuatu yang sedang sangat laku atau banyak diminati, maka di sana akan hadir juga para penjahat yang mencari mangsa lengah. Di keramaian, banyak copet, di facebook banyak penipu dengan berbagai kedok, dan begitu juga di media telekomunikasi lainnya. Nah, sekarang 'kan orang-orang lagi demam BBM yang akhirnya akan hadir di Android dan iOS.

Minat yang begitu tinggi telah membuat orang jadi tak sabar. Dan penjahat tahu itu. Maka, mereka bikin aplikasi BBM palsu, yang pastinya di dalamnya terdapat segala macam program jahat: malware, phishing, virus, atau entah apa lagi. Dan kalau program jahat itu sudah masuk ke dalam gadget kita, maka segala data penting akan disalin untuk digunakan dalam tindak kejahatan. Nomor telepon teman, relasi, dan segala macam, akan dibajak dan dimanfaatkan oleh para penjahat itu.

Dan berikut ini adalah fakta yang telah terjadi berkaitan dengan aplikasi BBM itu. Lebih dari sejuta pengguna Android dan juga iPhone sudah mengunduh aplikasi BBM palsu. Mengapa palsu? Karena pihak BlackBerry sendiri belum mengeluarkan aplikasi BBM buat Android maupun iOS. Bahkan, sekarang, rencana peluncuran aplikasi itu diundur lagi. Kenapa? Karena pihak BlackBerry lagi sibuk berurusan dengan aplikasi BBM palsu, yang dipakai oleh pengguna Android dan iPhone, yang menyerbu masuk ke server BBM.

Jadi, kalau Anda saat ini termasuk yang sudah menggunakan aplikasi BBM di perangkat Android maupun iPhone, maka demi kebaikan Anda sendiri, segeralah di-uninstall. Dan kembali duduk tenang, menunggu sampai BlackBerry secara resmi mengeluarkan aplikasi BBM yang asli. Kapan? Tentunya tak akan lama lagi, mengingat aplikasi tersebut memang sudah jadi. Yang penting sekarang, pihak BlackBerry harus mengurus aplikasi BBM palsu yang telah menyusup ke servernya itu dulu. Kalau itu sudah beres, aplikasi BBM asli pasti dirilis. Tunggu saja, dan sabar.


Segera Uninstall Aplikasi BBM Palsu
Mudah-mudahan belum terlambat. Sekarang juga, hapuslah atau unisntall aplikasi BBM yang telah Anda unduh, baik dari Google Play maupun situs-situs lain, yang telah Anda install peada gadget dan Anda gunakan. Karena aplikasi itu dinyatakan palsu oleh pihak BlackBerry, yang artinya, apa yang ada di dalamnya dan berakibat pada penggunanya bukan tanggung jawab pihak BlackBerry. Jadi, daripada data-data penting yang ada dalam gadget Anda dicuri oleh orang-orang yang punya niat jahat, lebih baik bersabar sedikit untuk menunggu aplikasi BBM yang asli dari pihak BlackBerry.

Ciri Aplikasi BBM Asli
Kalau nanti aplikasi resmi BBM diluncurkan, harap diperhatikan, aplikasi itu akan menggunakan akun BlackBerry Limited. Jadi, kalau Anda menemukan aplikasi BBM di Google Play yang bukan buatan BlackBerry Limited, maka aplikasi BBM itu pastilah palsu. Dan untuk amannya, sebaiknya mengunduh aplikasi BBM di Google Play – untuk Android – atau Apple App Store – untuk iOS. Selain di kedua situs atau toko online itu, jaminan keasliannya ya bukan tanggung jawab pihak BlackBerry.

Peluncuran Aplikasi BBM Asli
Untuk memastikan kapan aplikasi BBM asli diluncurkan, sebaiknya pengguna perangkat Android dan iOS berkunjung ke akun Twitter resmi BBM yaitu di @BB atau situs resmi di bbm.com. Di sana tanggal pasti peluncuran aplikasi asli BBM akan disampaikan.