Thursday, April 17, 2014

Punya 39 Istri, Suara Pria Ini Diincar Politisi

Kita pasti pernah mendengar pepatah yang mengatakan, banyak anak banyak rejeki. Bisa dibayangkan kalau semua orang mengikuti pepatah itu, bisa lekas penuh bumi ini. Sekarang saja, ketika penduduk bumi sudah mencapai 5 milyar lebih, hidup rasanya mulai sesak. Bagaimana kalau sampai penuh? Tapi pasti akan lebih parah lagi kalau laki-laki diizinkan punya istri lebih dari 5 - batas yang diizinkan Islam - seperti pada zaman pra-Islam.

Namun begitu, ternyata masih ada juga laki-laki yang memiliki istri lebih dari 5. Bahkan ada yang punya istri sampai 39! Bayangkan, bagaimana dia membagi waktunya buat mereka? Bagaimana dia menafkahi mereka? Tapi sepertinya, itu tak jadi masalah buat Chana Zionnghaka, lelaki India yang hidup bersama ke-39 istri dan 127 anak cucunya di satu rumah di Desa Baktawng, Aizawl, negara bagian Mizoram. Bahkan keluarga sangat besarnya jadi sangat menguntungkan buatnya. Silakan disimak laporannya.

Seperti halnya di Indonesia, negara dengan jumlah populasi terbesar kedua di dunia ini juga tengah menggelar pesta rakyat. Setiap suara akan sangat berarti dalam pemilu di India, apalagi jika ratusan suara.

Hal inilah yang terjadi pada Chana Zionnghaka, seorang pria India yang memiliki 39 istri dan 127 anak dan cucu. Menjelang pemilu India, ia banyak didekati sejumlah politikus agar keluarga besarnya itu memberikan suara kepada sang politikus.

"Kami diserbu politikus yang berusaha mencari suara dalam beberapa hari terakhir,” kata Chana, seperti dikutip Daily Mail, Senin, 14 April 2014.

Memang, bersama dengan keluarga besarnya yang tinggal di rumah berkamar 100 di Desa Baktawng, Aizawl, negara bagian Mizoram, Chana pastilah menjadi penyumbang suara potensial. Di setiap pemilu, dari tahun ke tahun, keluarga ini selalu diminati para politikus sebab selisih perolehan suara di negara bagian ini sangatlah tipis.

Mizoram merupakan satu-satunya negara bagian di India yang menggelar pemilu pada Jumat lalu.

Meskipun tak menceritakan kepada siapa suara ratusan keluarganya berlabuh, Chana tetap berharap pemilu ini bisa mewujudkan pemerintahan yang bersih. Ia berharap pemerintah bisa menjalankan pembangunan yang merata, agar keluarganya dan satu milyar warga India lainnya mendapat kemakmuran dan kesejahteraan.

No comments:

Post a Comment