Sunday, April 6, 2014

Waspadai 7 Zat Kimia Berbahaya Ini Dalam Makanan

Ancaman bahaya kimia telah merasuk ke segala aspek kehidupan, dari mulai udara, air, dan akhirnya juga ke dalam makanan kita. Yang  sudah sejak lama kita konsumsi, misalnya, MSG (monosodium glutamat) atau vetsin, soda, dan masih banyak lagi, yang relatif masih aman bila dikonsumsi dalam takaran wajar. Namun belakangan, karena makin tingginya kebutuhan akan bahan pangan yang awet, maka semakin banyak pulalah kimia yang harus kita masukkan ke dalam tubuh, dan celakanya, tak sedikit di antaranya yang justru berbahaya bagi kesehatan. Nah, supaya bisa lebih waspada dalam memilih bahan makanan yang diawetkan, silakan ikuti tulisan ini. Mudah-mudahan bermanfaat. 

Hati-hati jika membeli makanan dalam kemasan. Sebaiknya Anda melihat dahulu komposisi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Karena ada beberapa bahan kimia yang terkandung dalam makanan tersebut yang berbahaya bagi kesehatan.

Zat kimia apa saja yang berbahaya tersebut?

1. Nitrat
Zat ini digunakan sebagai pengawet makanan dan rasa gurih dalam daging dan ikan. Umumnya zat ini terdapat di dalam makanan kaleng. Penelitian yang dilakukan universitas Harvard pada tahun 2010, menemukan bahwa peningkatan jumlah nitrat dalam makanan kemasan/kalengan ini dapat berbahaya bagi jantung dan diabetes tipe 2.

2. Merkuri

Kandungan merkuri ini bisa jadi ancaman bagi tubuh. Umumnya terbawa oleh ikan laut yang bahkan kaya akan nutrisi dan omega-3. Merkuri menjadi racun yang paling berbahaya bagi tubuh, terutama anak-anak dan wanita hamil karena memberikan pengaruh yang sangat besar apabila jumlahnya banyak menumpuk di dalam tubuh.

3. BPA

BPA atau bisphenol A biasa ditemukan dalam makanan kaleng atau makanan kemasan plastik. Bukan makanan yang menyebabkan, tetapi justru kemasan yang memberikan pengaruh besar. Apabila makanan tersebut dipanaskan, BPA akan dilepaskan dan dapat mempengaruhi hormon hingga menyebabkan penyakit kanker.

4. Arsenik

Arsenik ditemukan dalam air serapan tanah. Biasanya juga terbawa pada makanan atau minuman dan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan waktu lama ia dapat menyebabkan kanker.

5. Pewarna buatan

Pewarna buatan yang berbahaya umumnya yang bukan untuk makanan, tetapi diperuntukkan kepentingan lain, misalnya seperti tekstil. Harganya jauh lebih murah ketimbang pewarna makanan sehingga tidak sedikit orang yang menggunakannya. Bahayanya beragam, dapat menyebabkan hiperaktif pada anak, ADHD, dan lain sebagainya.

6. Pemanis buatan

Sama seperti pewarna buatan, pemanis buatan ini mengandung aneka bahan berbahaya seperti aspartame, sucralose, saccharin, dan acesulfame potassium yang bisa mempengaruhi kesehatan.

7. BHA

BHA atau juga disebut Butylated hydroxyanisole biasa digunakan untuk menstabilkan rasa dan membuatnya lebih awet. Environmental Working Group mengategorikan bahan ini sebagai bahan yang sangat berbahaya bagi manusia karena dapat menyebabkan kanker.