Wednesday, January 2, 2013

Smartphone Sebagai Kunci Mobil

SMARTPHONE mempunyai masa depan yang panjang dan makin penting bagi kehidupan kita. Dan barangkali, di masa depan nanti, kita juga bisa bertransaksi dengan menggunakan smartphone sebagai alat pembayar, pengganti kartu kredit. Sedangkan kalau cuma untuk mengontrol rumah melalui CCTV jaringan, atau remote control untuk peralatan rumah tangga, termasuk mengunci dan membuka pintu, garasi, dan jendela, hal itu rasanya akan segera terwujud - bahkan beberapa memang sudah dapat dilakukan. Untuk saat ini, yang sedang diupayakan ialah menjadikan smartphone sebagai kunci mobil. Bagaimana caranya? Mari kita ikuti beritanya.

Saat ini, Hyundai sedang berusaha untuk bisa menerapkan teknologi smartphone sebagai kunci mobil. Aktivitas membuka pintu dan menghidupkan mesin adalah yang menjadi fokus Hyundai dalam teknologi masa depan ini.
Seperti yang dilansir cnet.com pada 31 Desember 2012, dengan menggunakan Hyundai i30 baru, di Amerika, dikenal sebagai GT Elantra, Hyundai mencoba mengaplikasikan teknologi ini dengan harapan akan bisa digunakan pada awal 2015 nanti.
"Memungkinkan Konsep Konektivitas pengguna, untuk mengunci dan membuka mobil dengan menempatkan smartphone mereka, melalui NFC-tag, meniadakan kebutuhan kunci tradisional," jelas Hyundai.
Menurut Hyundai pula, konsep teknologi ini memungkinkan pengembangan kegunaan teknologi yang cocok dengan pengguna rumah tangga. Fitur menyimpan data, seperti musik, kontak telepon, preferensi stasiun radio, dan pengaturan profil lainnya, dapat diakses dan diatur dengan i30 touch screen interface.
Bagian akhir dari Konsep Konektivitas itu adalah penerapan teknologi MirrorLink. Protokol konektivitas smartphone, akan memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan dari mobil dengan aplikasi sentral, misalnya, navigasi favorit Anda, dan data-streaming aplikasi untuk layar sentuh di dashboard.
Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda mau mengganti kunci mobil Anda dengan smartphone?

No comments:

Post a Comment