Wednesday, January 9, 2013

Tegra 4, Prosesor Anyar yang Jago Ngebut

PAMERAN Consumer Electronic Show (CES) telah dibuka kemarin, Selasa, 8 Januari 2013, namun produsen chipset NVidia telah mendahului membuat gebrakan pada hari Senin, yaitu dengan menggelar chipset generasi terbarunya, Tegra 4, yang memang ditunggu oleh banyak orang.
Situs teknologi Slahgear menginformasikan, Tegra 4 merupakan prosesor quad core untuk tablet dan smartphone dengan nama sandi Wayne, yang telah menggunakan arsitektur Cortex A-15. Pendahulunya, NVidia Tegra 3, yang telah digunakan di banyak perangkat, seperti Google Nexus 7, dan HTC one X, masih menggunakan arsitektur A-9.

Tidak hanya itu, Tegra 4 juga memiliki 72 inti grafis, yang artinya enam kali lebih banyak dari yang dimiliki oleh Tegra 3. Kombinasi dari kedua hal ini, dikatakan telah membuat kinerja Tegra 4 jauh lebih mumpuni dibanding generasi sebelumnya, bahkan dikoarkan sebagai prosesor perangkat bergerak tercepat yang ada saat ini.
Pada saat peluncurannya, CEO NVidia, Jen Hsun Huang, mendemonstrasikan perbandingan kecepatan antara tablet tanpa merk yang menggunakan Tegra 4 dengan Google Nexus 10, yang menggunakan chipset Exynos A-15 dual core. Hasilnya, ketika mengakses 25 situs berbeda dengan trafik tinggi secara bersamaan, NVidia Tegra 4 hanya memakan waktu 27 detik, sementara Nexus 10 memakan waktu selama 50 detik.
Prosesor baru ini juga memiliki kemampuan mengambil foto dengan teknologi High Dynamic Range (HDR) secara cepat. Huang mengklaim, bahwa perangkat Tegra 4 mampu mengambil empat foto HDR dalam waktu 0,2 detik, pada setiap frame, sedangkan iPhone 5, disebut mengambil satu foto HDR selama dua detik.
Namun seperti halnya pada prosesor generasi sebelumnya, Tegra 4 juga memiliki satu core tambahan selain empat core utama, yang berfungsi sebagai penghemat daya baterai. Dan prosesor ini juga telah mendukung jaringan 4G Long Term Evolution (LTE).