Thursday, January 3, 2013

TIZEN, Sistem Operasi Baru Pesaing Android dan iOS

JAGAT sistem operasi gadget makin semarak. Setelah microsoft turut terjun ke kancah sistem operasi gadget dengan windows-nya, kini hadir sistem operasi baru yang merupakan reinkarnasi dari sistem operasi MeeGo, yang diambil alih pengembangannya oleh Raksasa Elektronik Korea, Samsung, serta Linux Foundation. Tizen namanya. Dan tahun 2013 ini menjadi debut awal dari sistem operasi ini. Anda ingin menjadi salah satu dari orang-orang yang mengetahui mengenai Tizen ini, silakan simak beritanya.

Samsung akan menjadi produsen pertama yang menjual smartphone dengan sistem operasi Tizen, melalui operator Jepang NTT DoCoMo, dan mitra lainnya tahun ini. Seperti dikutip dari cnet.com hari ini, 2 Januari 2013, Samsung, NTT DoCoMo, dan mitra mereka lainnya, berharap untuk membangun sebuah platform yang akan menyaingi sistem operasi utama yang ada saat ini, yaitu dari Apple, iOS, dan Android, dari Google.
Operator lain, seperti U.K.'s Vodafone and France Telecom juga tertarik pada Tizen ini. Apakah itu akan menjadi isyarat cerahnya masa depan Tizen? Kita nanti akan mengetahuinya.
Tizen adalah operating system (OS) berbasis Linux, yang muncul dari kematian MeeGo. Awalnya, Nokia dan Intel yang menggunakan sistem operasi MeeGo ini, namun rupanya kerjasama kedua produsen kondang itu kurang berhasil, sehingga Samsung kemudian mengambil alih pengembangannya, dengan diawasi juga oleh Linux Foundation.
Berbagai perusahaan yang terlibat dengan Tizen, melihat platform ini sebagai potensi alternatif selain Android dan iOS. Maka mereka jadi begitu bersemangat untuk mengembangkannya bersama.
Selain untuk smartphone, Tizen pun dapat digunakan untuk perangkat lain, termasuk televisi dan tablet. Samsung telah menambah platform dengan cepat agar mampu menjalankan aplikasi di perangkat seperti televisi.

No comments:

Post a Comment