Saturday, March 22, 2014

Supaya Ponsel Awet dan Tetap Prima

KITA pasti sering dengar orang bilang, "HP saya ini bandel. Tahan banting!" Dan kita lantas lupa bahwa HP atau ponsel atau telepon genggam atau smartphone, adalah benda teknologi yang sangat kompleks dan rentan rusak. Boleh jadi sekarang ada HP yang tahan air, tapi apa selamanya? Perlakuan kita bisa mengubah performanya. Jadi, semuanya tergantung pada cara kita merawat, dan kebiasaan kita dalam mempergunakannya. Perlakuan yang sembarangan sudah pasti akan menurunkan kemampuannya, dan bahkan merusaknya.


Jadi, sahabat komunitas. Seperti terhadap pacar atau anak kesayangan kita, HP juga butuh perlakuan yang tepat. Jangan lupa, HP merupakan gabungan dari sekian banyak komponen kecil yang sangat mudah rusak. Maka, perlakuan lembut atau hati-hati adalah mutlak harus. Sebab, walaupun diproduksi oleh mesin, dengan tingkat presisi nyaris sempurna, terjadinya kecacatan pada hasil produksi tetap bisa terjadi. Dan kecacatan pada produk, ditambah perlakuan yang kurang hati-hati, jangan harap HP akan tahan lama.

Berikut ini adalah beberapa hal yang seringkali kita lakukan, entah sadar atau tidak, paham pada akibatnya atau tidak, tapi pasti kita melakukannya, yang berpotensi memperpendek masa pakai HP kita - minimal menurunkan kinerjanya, tapi juga bisa menyederai bahkan merenggut jiwa kita. Silakan disimak. Mudah-mudahan bermanfaat. 

Matikan HP Secara Rutin
Bahkan manusia, yang ciptaan Tuhan yang paling hebat, juga perlu istirahat supaya tetap sehat dan bisa berfungsi optmal. Apalagi HP, yang cuma bikinan manusia, dan terdiri atas susunan komponen kecil yang rentan rusak. Jadi, secara berkala, mematikan HP bisa memperpanjang usia komponen, terutama baterainya. Minimal, matikan HP pada saat mengisi ulang baterainya. 

Matikan Wi-Fi dan Bluetooth Bila Tak Digunakan 
Wi-Fi dan Bluetooth pada HP bekerja secara otomatis untuk menemukan jaringan yang ada di sekitarnya. Dan itu artinya, dia akan terus bekerja kecuali kalau kita matikan. Nah, bekerjanya Wi-Fi dan Bluetooth itu otomatis memerlukan sumber daya yang diambil dari baterai. Jadi, kalau sedang tak digunakan, tapi dibiarkan hidup terus, Wi-Fi dan Bluetooth akan terus menyedot daya yang tersedia pada baterai. 

Gunakan HP Hanya Pada Suhu Normal
Suhu normal untuk HP itu berapa sih? Suhu ruangan, yaitu antara 16 sampai 30 derajat celsius, itu suhu normal untuk penggunaan HP. Jadi, usahakan untuk tidak menggunakan HP di wilayah yang suhunya sekitar 0 derajat celsius, atau di atas 35 derajat celsius. Dan yang tak kalah penting, jangan biarkan HP Anda terjemur dalam waktu yang lama. Meninggalkan HP di dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari juga bisa merusak HP.  

Isi Baterai Sesuai Ukurannya
HP sudah diperlengkapi dengan fitur alarm pemberitahu, apabila baterai HP yang lagi diisi ulang sudah terisi penuh. Nah, setelah alarm itu berbunyi, sebaiknya HP segera diputuskan dari kabel pengisi daya. Karena kalau dibiarkan tersambung terus, akan lekas melemahkan baterai. Bahkan bisa bocor dan rusak. Jadi, sebaiknya jangan membiarkan baterai HP diisi semalaman. Itu justru akan melemahkan daya baterai. 

Menggunakan Charger Tidak Asli
Pada setiap pembelian HP, selalu diberikan charger atau alat pengisi ulang baterai yang asli. Nah, sebaiknya jagalah baik-baik charger itu, supaya tidak lekas rusak atau hilang. Karena kalau tidak, kita harus membeli charger pengganti yang asli. Harus asli? Ya, karena charger yang asli memiliki ukuran voltase yang sesuai dengan HP kita itu. Memang bisa saja kita mengisi HP kita dengan charger yang bukan asli, tapi ingat, besaran voltase yang dibutuhkan oleh HP berbeda-beda. Jadi, kalau kita paksakan terus menggunakannya, ya resikonya HP kita bisa mengalami kerusakan, dan bahkan baterai bisa meledak atau terbakar. 

Jangan Gunakan HP Saat Diisi Ulang Baterainya 
Demi keawetan HP, sebaiknya dimatikan saat baterainya diisi ulang. Dan demi keselamatan kita, sebaiknya HP jangan digunakan pada saat baterainya sedang diisi ulang. Terutama kalau ada bagian dari HP yang terbuat dari metal. Karena itu bisa membuat kita tersengat listrik. Khususnya kalau tangan atau telinga/wajah kita dalam keadaan basah, atau kita tak mengenakan alas kaki. Sudah banyak lho korbannya. 

Dibersihkan, dong...!
Di HP itu kumpul segala macam kotoran. Dari mulut kita, telinga kita, dan terutama tangan kita. Nah, yang parah, pastinya dari tangan kita. Bayangkan, kita habis makan pecel langsung pegang HP, maka menempellah sambal pecel. Habis membetulkan rantai sepeda, pegang HP. Habis dari toilet, pegang HP. Maka, berdirilah Republik Kuman di HP kita dengan berbagai ras dan suku kuman yang hidup di sana. 
Jadi, kita harus rajin membersihkannya, supaya tetap bersih dan sehat. Kalau perlu gunakan sinar ultraviolet buat membunuh kuman-kuman itu.