Tuesday, August 19, 2014

Inilah 8 Ramalan Seputar Tibanya Hari Kiamat

Ramalan tentang tibanya hari kiamat, pada akhirnya tak lebih merupakan bagian upaya marketing dari suatu produk. Sebab, kalau kiamat memang bisa diramalkan, maka pasti akan ada upaya-upaya untuk menggagalkan atau pun sekadar menghindarinya, seperti yang sering terjadi dalam film-film Amerika. Dan nyatanya, semua ramalan itu pada akhirnya hanya akan menjadi sensasi yang segera berlalu dengan tanpa terjadi apa-apa, selain kepanikan orang-orang yang termakan oleh horor yang ditiupkan lewat ramalan itu.

Berikut ini adalah ramalan-ramalan soal tibanya hari kiamat, yang boleh dipercaya boleh tidak. Tapi setidaknya berguna sebagai tambahan pengetahuan. 
Menurut sejumlah ilmuwan, dunia ini kemungkinan akan mengalami kiamat pada 16 Maret 2880.
Mereka mengungkapkan bahwa Asteroid 1950 DA memiliki peluang sebesar 0,3% untuk menghantam bumi dalam waktu 867 tahun ke depan dan hingga saat ini para ilmuwan tersebut belum menemukan cara untuk mencegahnya.
Asteroid berdiameter 1 kilometer ini bergerak dengan kecepatan tinggi dan berotasi setiap dua jam enam menit dan bisa menimbulkan kerusakan luar biasa saat menghantam bumi nanti.
Tapi, ini bukan ramalan pertama tentang hari kiamat. Berikut ini prediksi-prediksi sebelumnya yang telah terbukti melenceng.
1000
Pada tahun 999, kekhawatiran akan milenium baru menimbulkan peningkatan ibadah umat Kristiani karena mereka mengira kiamat segera tiba. Publik bahkan meninggalkan pekerjaan dan rumah-rumah mereka. Dan, saat tahun baru tiba tanpa terjadinya kiamat, para peramal berkilah mereka telah keliru menghitung usia Yesus Kristus dan membuat prediksi baru bahwa kiamat akan terjadi pada 1033.
Februari 1524
Sejajarnya posisi planet Jupiter dan Saturnus dalam konstelasi Pisces membuat para ahli astrologi London meramalkan rejadinya banjir besar seperti di zaman Nabi Nuh. Ribuan orang pun mengungsi ke dataran tinggi, tapi tak terjadi apa-apa.
Nostradamus: Beberapa Tanggal Berbeda
Nostradamus membuat ramalan berbeda mengenai kapan datangnya hari kiamat, tapi semua ramalan itu terbukti keliru. Meski begitu, para pengikutnya mengklaim, Notradamus bisa meramalkan bencana-bencana besar di dunia seperti 9/11.
Musim Gugur 1982
Pada 1980, penginjil di televisi, Pat Robertson, menyampaikan kepada para pemirsa acaranya yang populer, "The 700 Club" bahwa kiamat akan terjadi dalam dua tahun ke depan. "Saya menjamin menjelang akhir 1982 akan ada hari kiamat," katanya.
2000
Banyak orang meramalkan masyarakat dunia yang bergantung pada komputer bakal meledak saat Millenium baru karena komputer-komputer itu akan bingung dengan tahun yang berisi tiga angka nol dan akan kembali ke tahun 1900. Kenyataannya, pergantian ke tahun 2000 terjadi dengan damai tanpa menimbulkan masalah.
21 Mei 2011
Pastor Amerika Serikat, Harold Camping, meramalkan kiamat akan terjadi pada 21 Mei 2011. Ia membuat ramalan tersebut setelah membentuk Family Stations Ministry pada 1958 meski awalnya ia meramalkan kiamat akan terjadi pada 6 September 1994 sebelum berkilah telah melakukan kesalahan dalam menghitung tanggal.
Camping yang meninggal dunia Desember lalu pada usia 92 kemudian dikritik setelah sejumlah pengikutnya menjual harta benda mereka karena percaya tak akan membutuhkannya lagi.
21 Desember 2012
Suku Maya kuno meramalkan kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. Setidaknya, ini adalah ramalan mereka yang menginterpretasikan kalender suku Maya yang habis pada 21 Desember sehingga mengira tak akan ada lagi kehidupan setelah hari terakhir itu. Kalender panjang suku Maya yang dimulai pada 3114 Sebelum Masehi berakhir pada  musim dingin 2012.
2018 hingga 2028
Dr F. Kenton Beshore meramalkan kiamat akan terjadi antara 2018 dan 2028. Keyakinan pendiri World Bible Society ini berdasarkan pada kalimat di Al Kitab yang menjelaskan Pengangkatan terjadi sekitar 2021 saat kita semua akan pergi. Beshore berharap peringatan awal ini akan menggiring miliaran orang menuju Yesus.