Wednesday, February 5, 2014

Windows XP Ditutup Mulai 8 April 2014

KALAU hari ini Anda masih menggunakan sistem operasi Windows XP untuk perangkat komputer Anda, itu artinya Anda masih menggunakan hasil teknologi yang sudah berusia hampir 13 tahun. Dan dalam siklus teknologi yang kini sedang bergerak pesat, itu jelas merupakan ketertinggalan yang sangat jauh. Betapa tidak? Sementara orang sudah asyik dengan sistem operasi yang baru, yang jauh lebih canggih dan lebih cepat. Namun, bukan itu inti soal yang sebenarnya. Melainkan karena Microsoft, pembuatnya, sudah akan menghentikan sama sekali update-update untuknya. Dan itu artinya, Anda akan 'berjalan sendirian". Tanpa pendamping, tanpa pelindung, tanpa jaminan akan selamat dari serangan.

Memang, sebelumnya, pada 2009, Microsoft sudah menutup riwayat Windows XP, namun karena desakan permintaan pengguna yang masih sangat banyak, update-update kembali dikeluarkan buat sistem operasi itu. Akan tetapi, mengingat tuntutan perkembangan, maka Microsoft akhirnya memutuskan akan menamatkan riwayat Windows XP pada 8 April 2014. Jadi, setelah tanggal itu tidak akan ada lagi update buat Windows XP.

Menurut pemerhati teknologi, Steve Ranger, melalui situs ZDNET, "Windows XP dianggap sebagai sistem operasi terbaik yang pernah diciptakan oleh Microsoft." Itu ada benarnya. Namun zaman dan teknologi terus meluncur jauh ke depan, menjangkau wilayah-wilayah pengetahuan yang selama ini belum pernah disentuh. Jadi, sangat naif kalau harus atau ingin tetap tinggal di zaman yang telah lewat masanya.

Kalau harus migrasi ke ke sistem operasi yang baru, memang akan diperlukan banyak pengeluaran ekstra. Terutama, sudah pasti membeli copy dari sistem operasi yang baru. Dan celakanya, kalau komputer yang kita gunakan tak memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankannya, maka itu berarti kita juga harus mengupgrade komputer kita. Jadi, kesimpulan akhirnya, kita harus membeli komputer baru dengan sistem operasi yang baru pula.

Berat memang. Namun untuk kebaikan kita sendiri, dan perkembangan usaha kita, hal itu haruslah kita terima sebagai bagian dari perjalanan untuk meraih sukses yang lebih besar. Ibarat seorang anak, bila dia menjadi semakin besar, maka pakaiannya juga harus diganti dengan yang lebih besar, supaya terlihat pantas atau minimal layak.

Dalam kaitan usaha, soalnya bukan lagi masalah layak atau pantas, melainkan keamanan usaha Anda. Dan juga rahasia usaha Anda. Karena kalau Anda masih terus menggunakan sistem operasi Windows XP, yang sudah 'tak diurus' lagi oleh pembuatnya - Microsoft, sebagai perangkat kerja di perusahaan Anda, maka perusahaan Anda dalam posisi mudah diserang. Baik oleh virus maupun oleh penerobos yang punya niat tidak baik terhadap perusahaan Anda.

Jadi, kalau ingin segalanya berjalan baik, ya harus dilakukan perubahan-perubahan. Singkirkan yang lama, dan manfaatkan yang baru. Ingat, 8 April 2014 batas untuk Windows XP Anda itu.