Wednesday, September 10, 2014

Hati-Hati, Pintu Mobil Bisa Terbuka Sendiri

Pintu mobil merupakan salah satu elemen terpenting pada mobil. Tanpa pintu, keselamatan pengendara dapat terancam. Namun ada suatu saat pintu mobil terbuka sendiri.
Menurut Didit Suryadi, mekanik Bengkel Santosa Motor, penyebab pintu terbuka sendiri adalah engsel yang rusak atau karatan. Bisa juga karena central lock tak berfungsi dengan baik. Kebiasaan menutup pintu terlalu kencang pun dapat menjadi biang keroknya.

“Sering terkena air hujan dalam waktu lama bisa pula membuat engsel pintu berkarat,” kata Didi, saat diwawancara Plasadana.com  untuk Yahoo Indonesia, di bengkelnya, Jalan Dewi Sartika, Cililitan, Jakarta Timur, Sabtu, 23 Agustus 2014. “Pencucian mobil juga dapat memicu engsel karatan.”

Menurut Didi, ada beberapa macam engsel pada pintu mobil. Namun yang rentan terkena air adalah engsel tengah.  Untuk mengenali kerusakan, pintu mobil akan terasa kurang mengunci waktu ditutup. “Kalau dibiarkan saja, bisa jadi pintu mobil terbuka sendiri saat Anda berkendara,” ujarnya.

Agar pintu serta engsel mobil tetap awet, Didi menyarankan sebuah tips termudah: jangan menutup pintu terlalu kencang. Dan bila Anda tidak menggunakan kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Didi melanjutkan, sebaiknya memarkirkan di tempat yang aman dari hujan dan panas. “Besi yang kerap terkena air dan panas akan mudah berkarat, bahkan keropos,” ujarnya.

Untuk engsel tengah, yang rentan rusak, Didi menganjurkan pengolesan oli atau silicon white grease. Dan jangan pernah menggunakan gemuk untuk komponen itu. “Sebab engsel tengah yang kerap terkena air dan mudah karatan,” kata dia. “Kalau pakai gemuk, kotoran dan debu mudah menempel sehingga mengikis lapisan pelat pada engsel.”

Sementara untuk membersihkan engsel lain serta lubang kunci pintu, Anda cukup menggunakan penetran. Tujuannya agar engsel tidak langsung terkena air. Begitu pula kala membersihkan as pegangan engsel tengah. Semua pembersihan ini sebaiknya rutin dilakukan setiap dua bulan. “Untuk lubang kunci, masukkan pipa ke rongga hingga jalur kunci bersih dari kotoran,” kata dia. 

Penulis: Nasir