Monday, September 8, 2014

Jangan Buang Kulit Pisang! Lakukan Hal Berguna Berikut

Kalau kita mau lebih perhatian pada alam, sebenarnya tak ada bagian buah yang layak dibuang. Semuanya, kulit, daging, biji, tangkai pasti ada gunanya. Tapi sayangnya, informasi mengenai hal-hal itu masih sangat langka. Namun, kalau kita mau giat mencari-cari, sedikit demi sedikit informasi berguna itu akan bisa kita temukan. Dan informasi yang kali ini ialah mengenai pisang. Terutama mengenai kulit buahnya. Apa yang bisa kita perbuat dengan kulit pisang itu? Simak saja tulisan berikut ini.

Setelah makan pisang, pastinya kita langsung membuang kulit pisang ke tong sampah. Tapi mulai sekarang, sebaiknya jangan lagi melakukan itu! Karena banyak kegunaan yang dapat dilakukan hanya dengan kulit pisang.
Dilansir dari SustainableAmerica, ternyata kulit pisang dapat berguna untuk banyak hal seperti berikut.

Menjadi Pupuk
Potong kulit pisang, dan letakkan di tanah sekitar tanaman tomat. Karena kulit pisang mengandung nutrisi untuk pertumbuhan tanaman.
Menyembuhkan Luka
Luka seperti gigitan serangga, atau nyamuk dapat disembuhkan dengan kulit pisang lho! Cukup dengan menggosokan kulit pisang ke tempat luka, maka akan mengurangi rasa gatal dan mempercepat penyembuhan.
Melunakkan Daging
Kulit pisang ternyata dapat membantu untuk melunakkan daging yang sedang direbus!
Rebus Kulit Pisang
Tak hanya pisangnya saja yang dapat dimakan, tapi kulit pisangnya juga dapat dimakan, lho! Rebus kulit pisang selama 10 menit, lalu jus ditambah buah lainnya.
Semir Sepatu
Tak perlu repot membeli alat semir sepatu, cukup dengan kulit pisang ternyata dapat mengembalikan kesan mengkilap yang terdapat di sepatu kulit. Cukup campurkan kulit pisang dengan sedikit air, lalu usapkan ke sepatu.
Nah, jangan buang kulit pisang, ya! Karena dapat berguna untuk beragam hal. Selamat mencoba!