Tuesday, September 16, 2014

Mau Cantik, Jangan Sembarangan

MENEMUKAN produk pemutih/pencerah kulit sekarang begitu mudah. Mulai dari hiper, super, hingga mini market, bahkan pasar tradisional sekalipun, semua menyediakannya. Tapi dari semua pilihan yang ada, termasuk yang kamu pilih dan gunakan sekarang, sebenarnya kamu tahu nggak efek dan cara kerjanya? Karena kalau dipikir-pikir, memakai segala sesuatu yang kita nggak tahu efeknya kan sebenarnya berisiko, apalagi jika itu adalah bahan-bahan yang diserap/dikonsumsi langsung oleh tubuh.

Daun Mulberi atau Murbei
Secara umum, kebanyakan zat pemutih kulit itu bekerja dengan salah satu efek di bawah ini:

1. Mencegah reaksi kimia yang menggelapkan kulit, biasanya dengan antioksidan.
2. Menghambat kerja enzim tirosinase pembentuk melanin (zat warna gelap kulit).
3. Mendorong dibentuknya melanin yang lebih cerah.


Bengkuang
Ada juga produk pemutih dan perawatan kulit yang efek kerjanya merupakan kombinasi dari 2 atau bahkan semua poin di atas.
Selain itu, tiap-tiap zat aktif dalam produk pemutih juga biasanya punya manfaat dan keunggulannya masing-masing. Yuk, kita bahas bareng efek dan manfaat beberapa zat pemutih ataupun perawatan kulit natural yang sudah digunakan oleh berbagai peradaban sejak dulu, contohnya:

Mulberi 
Sebagai satu-satunya makanan ulat sutra, Mulberi dipercaya dapat memberi efek halus pada kulit seperti pada sutra, dan kandungan antioksidannya dapat  mencegah penggelapan kulit lewat perlindungan dari sinar UV, serta mencerahkan melanin yang terbentuk.

Kolagen 
Protein yang diproduksi secara natural oleh tubuh ini adalah struktur organik pembentuk jaringan kulit, yang juga berfungsi untuk menjaga kelembapan, kekenyalan dan keremajaan kulit.

Bengkuang 
Digunakan semenjak dulu oleh berbagai peradaban di nusantara, Bengkuang mempunyai efek mendinginkan dan menyegarkan kulit, menjaga kekenyalannya dan mencerahkannya secara merata.

Yogurt 
Dengan sejarah panjang dari abad ke-3 Sebelum Masehi, Yogurt diandalkan untuk mengembalikan keseimbangan alami kulit, serta juga mampu melembapkan, menghaluskan, dan melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Pepaya 
Dengan efek eksfoliasi-nya, pepaya mempercepat pergantian sel-sel kulit mati, menghilangkan kerut dan bintik hitam, serta membuat kulit jadi lebih cerah dan halus merata.

Madu 
Bahan alami serbaguna ini mempunyai efek pada kulit sebagai anti kuman penyebab jerawat dan eksim, dan juga mampu memulihkan sel kulit serta menjaga kelembapan dan kesegarannya.

Jangan lupa, saat memilih produk pemutih kulit, pilih yang mengandung ekstrak natural yang kamu sudah ketahui guna dan efeknya. Berikan perawatan terbaik untuk kulitmu dan hindari risiko yang tak perlu, dan dapatkan penampilan cantik yang High Definition!