Tuesday, September 16, 2014

Review Canon Powershot SX700HS

Kebutuhan fotografer terhadap kemampuan zooming sebuah kamera bisa diibaratkan orang makan butuh sayur. Hal itu berkaitan dengan upaya memaksimalkan hasil pemotretan, yang berarti juga memberi kemudahan kepada sang fotografer dalam berkarya. Oleh karena itu, kamera dengan kemampuan zoom lensa panjang semakin banyak di pasaran belakngan ini, karena memang terbukti sangat praktis untuk kebutuhan liburan. Produk yang akan kami ulas berikut ini adalah Canon SX700HS yang hadir dipersenjatai dengan lensa berkemampuan zoom optical hingga 30X dengan kemasan bodi yang hanya sebesar kamera saku.
Konsep Desain 
Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Canon SX600HS, SX700HS hadir dengan desain bodi baru yang lebih nyaman digunakan. Ukurannya sendiri cukup rata-rata dengan kamera saku superzoom kebanyakan, namun dengan penambahan ekstra grip yang menempel di bagian bodinya kamera ini menjadi tambah nyaman saat digunakan untuk memotret.

Di bagian atas kamera terdapat lampu flash, tombol power, tombol shutter dengan tuas zoom dan tombol untuk merekam video. Bagian belakangnya tersedia sebuah layar LCD berukuran 3-inci yang terlihat tajam dan terang sehingga cukup memadai untuk membantu memotret di dalam atau luar ruangan. Di samping kanan layar terdapat sejumlah tombol yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan kamera dan sebuah tombol putar untuk memilih mode pemotretan.

Satu keunikan Canon SX700HS adalah hadirnya tombol framing assist yang berada di samping kiri bodinya. Tombol ini berfungsi untuk menarik zoom lensa ke posisi semula pada saat Anda melakukan zoom. Pada prakteknya, tombol ini sangat berguna saat memotret dari jarak jauh dan Anda kehilangan fokus pada subjek. Dengan menekan tombol ini, lensa akan secara otomatis kembali ke posisi semula dan Anda bisa melihat subyek lalu kemudian melanjutkan zoom kembali. 

Fitur dan Performa 
Menu pengaturan pada Canon SX700HS juga sederhana dan mudah digunakan, masih sama seperti kamera saku Canon lainnya. Selain menawarkan mode pemotretan manual dan otomatis seperti kamera DSLR, kamera ini juga memiliki beragam efek filter dan scene mode yang bisa dipilih menyesuaikan kondisi pemotretan.

Dengan dukungan aplikasi Canon Camera Windows yang tersedia untuk iOS dan Android dan koneksi Wi-Fi di kamera, Anda bisa memindahkan hasil foto ke smartphone atau tablet. Fitur WiFi-nya juga amat baik dengan waktu setup yang relatif cepat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyulap smartphone atau tablet Anda menjadi remote untuk mengambil foto tanpa perlu menekan tombol shutter di kamera. Cocok bagi yang ingin menjadi detektif atau hobi melakukan foto secara diam-diam atau candid.

Keunggulan SX700HS lainnya terletak pada hasil foto. Di kondisi pencahayaan yang cukup, kamera mampu menghasilkan foto yang tajam dengan tonal warna yang menawan. Kinerja autofocus pada posisi zoom 1x cukup cepat. Namun saat zoom dijulurkan cukup panjang pada kondisi pencahayaan relatif temaram, kamera harus bekerja keras untuk menemukan fokusnya. Saat dicoba untuk memotret di kondisi low light, hasil fotonya cukup baik setidaknya hingga ISO 400. Di ISO 800, noise mulai terlihat muncul dengan penurunan detil, ketajaman dan saturasi warna yang cukup terlihat namun masih memadai untuk dicetak dalam ukuran kecil. Berikut hasil foto dari Canon Powershot SX700HS:

Hasil foto lainnya bisa di lihat di laman FLICKR resmi yangcanggih di sini

Daya tahan baterainya cukup baik, hingga sekitar 250 foto sekali charge. Baterainya akan lebih boros jika Anda sering menggunakan zoom dan koneksi Wi-Fi. Guna memperpanjang daya tahannya, Canon telah menyediakan Eco mode untuk menghemat konsumsi baterainya. 

Kesimpulan 
Dengan jangkauan lensanya yang panjang dan ukurannya yang mungil, Canon PowerShot SX700HS merupakan kamera yang fleksibel. Kami juga menyukai tombol zoom framing assist yang tidak ada di kamera merk lain dan sangat membantu ketika sedang memotret. Hasil fotonya juga sangat baik di kondisi pencahayaan yang cukup, dengan penurunan kualitas yang wajar di ISO tinggi. Jadi, bagi yang hobi jalan-jalan dan jarang memotret di kondisi cahaya temaram, Canon PowerShot SX700HS dapat menjadi kamera andalan yang tidak membebani saku dan tas. Dan harganya sekitar 3 jutaan rupiah.