Friday, March 22, 2013

Google Keep, Notes di Awang-awang

Google telah meluncurkan aplikasi baru yaitu Keep, yang bisa digunakan untuk membuat catatan. Sebagian kalangan menilai aplikas ini merupakan pesaing potensial bagi aplikasi Evernote, yang dikenal sebagai salah satu aplikasi pencatat terbaik saat ini.
Fungsi dasar dari aplikasi Keep adalah menjadi tempat mencatat semua hal yang diinginkan pengguna. Dan karena aplikasi ini terkoneksi dengan layanan Cloud dari Google, maka pengguna bisa mengakses akunnya dari piranti yang berbeda seperti pada aplikasi surat elektronik.

Dalam situs blogspot, Google mengatakan pengguna sering kali harus mengambil kertas tempel untuk mencatat apa yang terlintas pada ingatan lalu menempelkannya di kulkas atau meja.
Namun meja dan kulkas sering kali bukan menjadi tempat yang ideal untuk meninggalkan catatan. "Sering kali tempat-tempat ini tidak ada di dekatmu saat kamu membutuhkan catatan tadi," kata dia.
Menurut blog ini, pengguna bisa menggunakan teknologi transkripsi pada Keep. Dengan teknologi ini, ucapan pengguna bisa menjadi tulisan secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi denga teknologi pencari  yang cekatan.
Untuk mengatur prioritas catatan yang lebih penting dan tidak, pengguna tinggal menekan simbol tiap judul dan menggesernya sesuai keinginan.