Thursday, March 28, 2013

Perempuan Terkaya di Bumi

SETIDAKNYA ada tiga perempuan yang selalu berebut kursi nomor satu sebagai perempuan terkaya di dunia. Selisih kekayaan mereka pun tak begitu jauh. Hingga minggu terakhir Maret, berikut ini kekayaan tiga perempuan tersebut: yakni pemilik WalMart, pemilik Hancock Prospecting Pty Limited, serta pemilik L'Oreal.
Mereka adalah ahli waris. Ada yang mengembangkan sendiri dan kemudian kekayaannya jadi berlipat, namun ada juga yang memang kaya dengan sendirinya.
1. Christy Walton, 56 tahun
Kekayaan: US$ 34 miliar atau Rp 326,4 triliun
Dia adalah pewaris perusahaan ritel WalMart, John Walton, yang juga mewarisinya dari ayahnya, Sam Walton. Sebelum meninggal, pada 1992, Sam memberikan warisan kepada kedua anaknya, John salah satunya, masing-masing 10 persen saham di WalMart - yang kini nilainya US$ 32 miliar.
John, mantan tentara perang Amerika, yang ikut perang di Vietnam, juga melakukan investasi di perusahaan panel surya yang ternyata berkembang pesat, yaitu First Solar Inc. Dengan kepemilikan saham sebesar 30 persen, harta Christy pun terdorong hingga mencapai US$ 34 miliar. John sendiri telah berpulang dalam kecelakaan pesawat pada 2005.

2. Gina Rinehart, 58 tahun
Kekayaan: US$ 29,2 miliar atau Rp 280,3 triliun
Rinehart adalah pengusaha pertambangan di Australia. Seperti halnya Christy, Rinehart juga kaya dari warisan ayahnya, Lang Hancock, yang meninggal pada 1992. Hancock adalah pendiri dari Hancock Prospecting Pty Limited, penemu ladang bijih besi terbesar sepanjang sejarah.
Saat meninggal, Hancock mewariskan kekayaan US$ 125 juta. Tentu saja dengan seluruh kepemilikan perusahaan dan propertinya. Dari mana pertambahan kekayannya dalam 21 tahun yang menakjubkan itu?
Pertama, pulihnya harga bijih besi di pasar. Kedua, Gina sebagai pewaris, lantas menanamkan harta warisan lewat investasi pada sektor tambang di seantero jagat. Ketiga, di luar pertambangan, Gine menanamkan modalnya juga di bisnis media, Fairfax, pemilik Sydney Morning Herald.
Namun ada kontroversi mengenai jumlah hartanya yang sebenarnya. Forbes mencatat hanya US$ 18 miliar, serta Bloomberg US$ 18,8 miliar. Sementara media Australia, BRW, menulis US$ 29,2 miliar. Rupanya, ini terkait dengan gugatan anaknya yang senilai US$ 7 miliar, seandainya Gina kalah.

3. Liliane Bettencourt, 91 tahun
Kekayaan: US$ 28 miliar atau Rp 268,8 triliun
Pemilik 60 persen saham L'Oreal ini juga mewarisi kekayaan ayahnya, yang meninggal pada 1957. Dalam perjalanannya, pada 1974, Liliane menukar separuh sahamnya untuk 3 persen kepemilikan di perusahaan asal Swiss, Nestle.
Namun tragis, di usianya yang senja ini, Liliane, perempuan Prancis yang dikenal dermawan ini, terbaring sakit akibat serangan Alzheimer, sejak dua tahun silam. Kini, anak dan cucunya yang mendampingi perempuan sepuh tersebut.
Dari tiga ahli waris ini, jelas Christy Walton merupakan perempuan terkaya di bumi ini, saat ini.