Thursday, April 25, 2013

Paper Artist, Guru Lukis di Samsung Galaxy


TADI malam saya menemukan sebuah buku untuk anak-anak, yang isinya adalah bimbingan belajar menggambar. Saya amati dan saya ikuti pelajarannya. Memang benar-benar praktis dan efektif. Wualah, saya jadi bisa menggambar! Walaupun masih setingkat kelas anak-anak tentunya. Tapi buat saya, itu merupakan kemajuan yang luar biasa. Sebab, saya yang selama ini kalau menggambar mobil hasilnya jelek dan tidak proporsi, kali ini terlihat lumayan dan proporsi! Dan itu menyadarkan saya, bahwa (bahkan!) menggambar sederhana setingkat kelas anak-anak pun ada caranya. Harus ada panduannya. Supaya orang tak berbakat gambar macam saya bisa mengikuti dan bisa menggambar secara sistematis.

Di kantor, ketika saya membuka PC untuk mulai bekerja, saya menyadari satu hal lainnya, yaitu program grafis yang ada dalam komputer saya. Maka saya lantas memikirkan, apa mungkin program grafis itu bisa dijadikan guru untuk menggambar? Atau yang lebih tinggi lagi tingkatannya, guru melukis? Rekan kerja saya, yang seorang webmaster merangkap desainer grafis, memberi saya pencerahan bahwa software untuk belajar menggambar ada tersedia cukup banyak. Ada yang gratis dan pastinya banyak yang berbayar. Jadi, intinya, kalau kita mau belajar menggambar atau melukis, kita juga bisa berguru pada komputer.
Dari rekan kerja saya yang lain, yang penggila gadget, saya mendapat pelajaran mengenai belajar menggambar bahkan melukis lewat gadget Samsung Galaxy – dia menyebut di Galaxy Note II dan Galaxy SIII, karena dua gadget itu yang dia pakai. Dia bilang, di Samsung Galaxy itu ada yang namanya aplikasi Paper Artist. Itu adalah software pengolah gambar yang sudah disarati dengan berbagai tambahan fitur efek, yang akan menolong kita untuk bisa menghasilkan sebuah karya grafis yang artistik.
Secara fungsi, Paper Artist ini memang sejenis dengan aplikasi lain, baik yang ada di gadget maupun PC. Hanya saja, aplikasi yang menjadi salah satu fitur yang ditanamkan di tablet dan smartphone buatan Samsung keluaran terbaru ini – setidaknya seumur dengan Galaxy Note II dan Galaxy SIII, telah dikemas agar mudah digunakan tapi bisa menghasilkan karya yang luar biasa.
Semudah apa, sih? Semudah sulap, tapi tanpa mantera. Jadi, kita cuma perlu menyediakan image, baik berupa foto maupun gambar. Foto atau gambarnya bisa dari mana saja. Kita impor ke dalam gadget, atau kita potret langsung dengan menggunakan kamera gadget, atau pun dengan mendownload dari internet.
Nah, kalau gambarnya sudah ada, tinggal kita olah menggunakan aplikasi Paper Artist. Mau dibuat bagaimana? Dibikin skets, atau perpaduan foto dan skets, atau apa pun. Semua efek yang kita butuhkah sudah tersedia di pinggir – di bagian atas dan bawah bila gadget dalam posisi vertikal, dan di samping kanan-kiri kalau gadget pada posisi horisontal. Tinggal dicolak-colek saja, kok. Nah, hasil dari utak-atik itu, kalau berkenan di hati, ya tinggal disimpan (save). Mau pamer? Ya silakan dishare ke teman-teman atau keluarga, baik melalui jejaring sosial, email, atau MMS.
Untuk memenuhi kesenangan kita dalam berkreasi dan bereksperimen dengan gambar, Paper Artist ini dilengkapi dengan 34 efek spesial, yang pasti akan membuat kita jadi ingin terus mengutak-atik gambar yang lagi kita olah, sampai kita akhirnya menemukan efek yang paling kita sukai. Bagaimana kalau kita belum merasa puas dengan hasilnya? Jangan kuatir, dishare saja hasilnya ke Instagram, atau Picarts, atau aplikasi pengolah gambar lainnya. Di sana kita mungkin akan menemukan efek-efek yang belum ada di Paper Artist.
Penasaran ingin belajar jadi pelukis? Silakan manfaatkan aplikasi Paper Artist di gadget Samsung Galaxy Anda, dijamin Anda akan asyik dan bahagia, seperti anak kecil ketika belajar menggambar di dinding.

No comments:

Post a Comment