Tuesday, April 16, 2013

Tips Busana Kantor, Supaya Tak Saltum

MENJADI menarik memang penting, apalagi bagi kaum perempuan. Namun toh bukan berarti menarik dalam artian negatif. Dan jangan lupa, menarik tidak selalu berarti cantik. Sebab, penampilan yang rapih dan sesuai suasana jauh lebih baik daripada si cantik yang salah kostum atau penampilannya berantakan. Demikian juga dengan penampilan untuk di lingkungan pekerjaan. Tampillah dengan serapih semestinya, yang sesuai dengan suasana tempat kerja Anda.

Dan busana yang dikenakan ke tempat kerja atau kantor tentunya bukanlah sembarang pakaian. Artinya, jika Anda salah kostum, maka Anda bisa menjadi bahan gunjingan teman-teman. Nah, supaya Anda tak menjadi bahan kicauan 'para siti sirik' di kantor, ketahuilah apa saja kesalahan berpakaian perempuan saat di kantor berikut ini.
Inilah sejumlah cara berpakaian yang sebaiknya Anda hindari ketika bekerja di kantor, seperti yang ditulis di Magforwomen, Senin, 8 April 2013. 

1. Jangan berlebihan menggunakan make up
Gunakanlah make-up halus ketika Anda bekerja. Jangan menggunakan eye shadow yang menyolok, lipstik, cat kuku, atau make up lainnya. Gunakan semuanya itu dengan hati-hati, jangan keluar dari tempatnya (beleber).
Hindari penggunaan shimmer. Jika Anda tak yakin warna yang akan digunakan, shade pilih warna matte dan make-up nude untuk amannya. Kunci dalam menggunakan make-up yang sesuai dengan busana kerja adalah, tetap tampil rapih dan profesional.
Jangan pergi ke luar dengan menggunakan warna-warna mengkilap, atau berlebihan layaknya ke pesta.

2. Jangan memakai atasan berbelahan dada rendah
Mengenakan atasan yang memperlihatkan belahan dada bisa merusak citra profesional. Pakaian atasan yang belahan dadanya rendah dianggap tak layak untuk lingkungan profesional atau bisnis.
Ini bisa mengirim pesan yang salah untuk atasan, rekan kerja, atau bawahan. Memang tak ada salahnya untuk memamerkan selera fashion, tapi Anda toh bisa memilih pakaian yang tidak menonjolkan belahan dada.

3. Hindari memakai sandal terlebih lagi sandal jepit
Tak peduli seberapa sakitnya kaki Anda, pakailah sepatu yang cocok dengan pakaian formal. Anda bisa memakai sepatu berhak yang formal dan berkelas, atau yang flat tapi formal.
Tapi, jangan membuat kesalahan dengan memakai sandal bertali, atau alas kaki lainnya, yang menunjukkan kesan tak profesional.
Jika Anda tak menyukai sepatu bertumit, pakai sepatu yang nyaman namun tetap menyiratkan kesan profesional.

4. Hindari aksesoris yang mengilap
Tak salah jika mengenakan aksesoris atau perhiasan saat bekerja, namun yang harus diperhatikan ialah agar Anda selalu terlihat rapih. Maka sebaiknya jangan memakai aksesoris yang menyolok layaknya hendak ke pesta.
Pakailah perhiasan seminimal mungkin tapi tetap terlihat bagus. Hindarilah menggunakan aksesoris unik, karena perhiasan itu mungkin hanya tepat untuk tampilan kasual.

5. Kenakan rok yang tepat
Jangan membuat kesalahan dengan memakai rok yang terlalu pendek, karena itu dianggap tak pantas. Rok memang pantas untuk dikenakan saat formal, tapi jika di atas lutut, itu bisa dianggap provokatif, dan pastinya tak cocok di kantor.
6. Kenakan pakaian sesuai tubuh
Mengenakan pakaian yang tak sesuai ukuran bisa merusak citra di tempat kerja. Mengenakan celana atau rok yang terlalu longgar bisa menunjukkan citra buruk.
Sebaliknya, juga jangan mengenakan baju yang terlalu sempit atau ketat, karena bisa membuat Anda tampil seksi, yang dianggap tak pantas untuk tempat kerja.