Friday, December 6, 2013

Cara Cerdik Belanja Online

DULU, belanja itu ya ke pasar. Namun perkembangan zaman membuat belanja menjadi penuh dengan segala pernak-pernik. Pusat-pusat perbelanjaan modern dan mal bertumbuh di sana-sini seperti jamur di musim penghujan. Dan kita belanja di sana, tak sadar bahwa dalam tiap benda yang kita beli juga termasuk biaya sewa tempat, pajak, gaji pramuniaga, dan termasuk juga biaya listrik. Bahkan kadang juga dikenai penambahan 3% dari harga, kalau membayar dengan kartu kredit. 


Belakangan, ketika internet makin merakyat, belanja secara online menjadi trend yang ramai dilakukan di seantero jagat. Dan pastinya, segala yang baru akan membuat kita jadi gugup. Tergagap-gagap. Tertipu? Itu sudah bukan berita aneh. Namun perlahan kita menjadi makin cerdas, makin sulit ditipu, makin cerdik dalam berbelanja. Salah satu yang biasa kita lakukan, ialah mengecek toko-toko online untuk membanding-bandingkan harga dari barang yang mau kita beli. Sedikit repot, mencatat, tak jadi soal.

Namun rupanya ada yang memahami hal tersebut, maka dia membuat sebuah situs khusus yang menampilkan barang-barang yang berasal dari berbagai toko online, tentunya dengan harga-harganya. Alhasil, kita tak perlu lagi repot memeriksa toko-toko online hanya untuk melihat harga dan lantas membandingkannya. Kita cukup berkunjung ke sebuah situs pembanding harga dan mencari barang yang kita ingin beli. Beres. Cepat dan mudah. Dan memang itu 'kan tujuan dikembangkannya teknologi komputer dan internet?

Contohnya, misalnya kita ingin membeli smartphone merek Ngoceh. Kita masuk ke situs pembanding harga, misalnya Telunjuk (telunjuk.com). Kita tinggal ketik apa yang mau kita beli di kolom pencari produk, misalnya: smartphone Ngoceh. Nah, dalam hitungan detik, Telunjuk akan menampilkan semua produk merek Ngoceh. Gambarnya, jenisnya, tipenya, harganya – termasuk cara pembayarannya, dan toko-toko (kadang sampai puluhan) yang menjualnya.

Selanjutnya, kita tinggal memilih jenis dan tipe smartphone Ngoceh yang menarik minat kita, yang harganya sesuai kisaran budget kita, dan selanjutnya tinggal klik toko atau penjualnya, maka akan ditampilkan toko-toko yang menjual barang tersebut, lengkap dengan harga-harga di tiap toko (yang pasti berbeda-beda). Hanya saja, kita tetap harus berhati-hati dan waspada. Karena, jangan lupa, pedagang juga cerdik. Jadi, kalau dia bisa menawarkan suatu barang dengan harga yang lebih murah dari yang lainnya, pasti ada yang dikuranginya. Nah, itu yang harus kita waspadai. Tapi, bukan berarti toko yang menawarkan dengan harga lebih mahal tidak ‘nakal’ juga, lho.

Pokoknya, yang paling penting dalam berbelanja, ialah harus selalu teliti sebelum membeli. Waspada dan harus benar-benar yakin bahwa barang yang akan kita beli memang layak dan sepadan dengan harganya. Jadi, teliti, teliti, dan teliti lagi. Dan salah satu bekal penting untuk itu ialah, memeriksa di situs pembanding harga.

Nah, selamat berbelanja. Namun sebelumnya, jangan lupa mengecek dan membandingkan harganya di situs-situs berikut ini:
>  Telunjuk (telunjuk.com)
>  Indo Katalog (indokatalog.com)
>  Price Area (pricearea.com)
>  Price Book (pricebook.co.id)
>  Price Panda (pricepanda.co.id)
>  Price Price (priceprice.com)
>  Price Za (priceza.co.id)

No comments:

Post a Comment