Tuesday, December 24, 2013

Proklamasi Kedua RI di Dunia Maya

MEMPUNYAI nama domain dengan kode nama negaranya adalah idaman setiap warga negara yang bangga dengan identitas kebangsaannya, seperti orang Inggris bangga dengan domain .uk atau Amerika dengan .us. Mengapa kita masih harus memakai nama domain tingkat dua, seperti, co.id, biz.id, or.id, go.id, dan sebagainya. Kenapa tidak langsung pada nama domain tingkat tinggi .id, sehingga kita bisa memakai nama domain jakarta.id misalnya, atau tnol.id, dan bukan tnol.co.id? Apa karena kita memang bangsa yang suka dengan yang ribet-ribet? Karena yang ribet-ribet itu sangat berpotensi melahirkan uang jasa tambahan?


Tapi itu akan segera menjadi masa lalu. Zaman baru segera dibuka bulan depan, persisnya sejak mulai 20 Januari 2014, ketika nama domain .id resmi mulai diluncurkan. Begitu bunyi siaran pers dari PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia). Namun untuk teraturnya, rilis itu akan dilangsungkan dalam tiga tahapan, supaya nama-nama domain yang selama ini memakai nama domain tingkat dua, kalau mau, bisa bermigrasi ke nama domain tingkat tinggi yang baru diresmikan penggunaannya ini. 

Tepat pada peringatan Hari Proklamasi Republik Indonesia yang Ke-69 Tahun nanti, nama domain itu akan mulai dijual bebas. Jadi, Anda bisa membeli nama domain yang sesuai dengan keinginan, misalnya: capedeh.id. Hanya saja, ini kenyataannya, harga .id lebih mahal daripada .com atau .net yang sekitaran Rp. 200 ribu. Namun, jangan lupa, kebanggaan memang mahal. Jadi, apalah artinya Rp. 500 ribu bila dibandingkan dengan rasa bangga karena bisa memakai nama domain .id? Begitu bukan? 

Nah, kalau begitu mari kita nantikan nama domain kebanggaan kita itu. Tepat pada 17 Agustus nanti, kita bisa berseru lagi: Merdeka!