Wednesday, December 18, 2013

Merakit sendiri wi-fi router berharga Rp. 2 Ribu, mau?

Ini bentuknya setelah dirakit. Keren, 'kan?
MEMANG tidak semua orang menyukai tantangan dalam hal merakit sesuatu, apalagi yang berbentuk perangkat teknologi yang cukup canggih. Merakit sepeda saja, yang ukurannya besar dan tak terlalu rumit, belum tentu mau, apalagi merakit sebuah perangkat smart wi-fi router (wi-fi router cerdas) yang pastinya jauh lebih kecil dan rumit? Tapi minat orang 'kan memang beda-beda. Nah, memahami akan hal itu, maka perusahaan pembuat ponsel dari Negeri Tirai Bambu, yang produknya dikenal bermerek Xiaomi, bakal meluncurkan sebuah smart wi-fi router, yang masih dalam bentuk komponen-komponen yang terpisah, sehingga harus dirakit sendiri oleh pembelinya.

Ini komponen-komponennya sebelum dirakit.
Yang menarik dari produk ini ialah, selain hanya tersedia dalam jumlah sangat terbatas, yaitu cuma 500 unit, produk ini juga dijual dengan harga yang teramat-sangat murah, yaitu cuma 1 Yuan saja, atau sekitar Rp. 2.000. Berminat membeli? Tapi tunggu dulu. Melihat pada jumlah dan harganya, pastinya akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan produk ini. Jadi, sebaiknya jangan terlalu berharap.

Komponen-komponen sebelum dirakit.
Untuk bisa merakit perangkat ini, Xiaomi telah menyediakan sebuah buku manual yang sederhana dan juga sebuah obeng. Yang luar biasa dari perangkat ini ialah, selain sebagai wi-fi router, ia juga berfungsi sebagai penyimpan data karena dilengkapi dengan harddisk. Dan tak tanggung-tanggung, kemampuan penyimpanannya mencapai 1 terabit! Wow!

Setelah dirakit tinggal masukkan harddisknya.
Menurut mantan eksekutif Google yang kini bekerja di produsen ponsel cantik berharga terjangkau ini, Hugo Barra, perangkat ini memang sengaja dirancang dan disediakan Xiaomi sebagai hadiah natal bagi para hacker. Selain itu, harga yang murah dan kesempatan untuk merakit sendiri perangkat wi-fi router ini, merupakan upaya Xiaomi untuk menciptakan daya tarik dan kehebohan tersendiri.

Dijual dalam packaging box kayu begini.
Efek yang ingin diraih Xiaomi lewat produk ini ialah, akan terciptanya promosi produk yang bakal berjalan dengan sendirinya, sehingga melahirkan permintaan baru dari para peminat perangkat model ini. Jadi, kalau Anda merasa penasaran dan ingin bisa memiliki produk istimewa ini, Anda harus bersabar menunggu produk lanjutannya, yang mungkin akan segera diproduksi secara massal.

No comments:

Post a Comment