Thursday, December 19, 2013

Ini Dia, Tujuh Kandidat Kamera Terbaik 2013

Smartphone pada akhirnya menjadi ancaman banyak perangkat teknologi, yang semula terpisah-pisah dan berdiri sendiri, seperti kamera digital, kamera video, bahkan juga perangkat audio-visual dan komputer. Karena pengembangan fungsi smartphone yang tanpa kendali dan mengejar tuntutan kebutuhan pengguna, telah membuat smartphone menjadi perangkat serba guna. Satu alat untuk banyak kebutuhan! Betul-betul seperti benda ajaib.
Namun begitu, perkembangan kamera digital yang melambat akibat kepungan ponsel kamera,  ternyata tak menghentikan inovasi yang dilakukan produsen kamera digital. Meskipun kualitas foto di ponsel meningkat, ada beberapa hal yang sepertinya masih susah digantikan di ponsel atau smartphone, seperti lensa dengan zoom panjang, desain ergonomis untuk pemotretan dalam waktu lama, daya tahan baterai lebih baik, serta performa di kondisi minim cahaya.


Di tahun 2013, ada beberapa kamera digital yang cukup mengejutkan dengan inovasi dan konsep yang unik, mulai dari spesifikasi canggih, hasil foto memukau hingga desain yang tampil beda.

Berikut 7 kamera digital terbaik yang diperkenalkan di tahun 2013

1. Nikon Df
Inilah kamera DSLR full-frame dengan desain retro pertama di dunia. Nikon Df mengambil inspirasi dari desain kamera SLR legendaris Nikon yaitu FM2. Satu hal yang menarik, Nikon Df murni hanya untuk memotret dan tidak dapat digunakan untuk merekam video. Selain itu, Anda akan disuguhi beberapa kenop putar untuk mengatur fungsi dasar fotografi dengan cepat. 


Kualitas foto jelas menjadi andalan mengingat Nikon Df telah dibekali sensor yang ada di Nikon D4 yang memang ditujukan untuk profesional. Kamera ini telah tersedia di pasaran dengan harga 33 juta rupiah.

2. Sony Alpha A7R
Perkembangan kamera mirrorless sepertinya telah mencapai puncaknya saat Sony mengumumkan A7R. Inilah kamera mirrorless pertama dengan sensor full-frame di dunia. Yang menarik, A7R hadir dalam ukuran bodi yang cukup ringkas.  Untuk lensa, A7R mendukung lensa E-Mount dan lensa DSLR Sony dengan bantuan adapter.  


3. Fujifilm X100S
Satu lagi kamera berdesain retro yang menyeimbangkan antara ukuran ringkas dengan sensor berukuran besar. Kamera prosumer kelas premium ini hadir dengan lensa 35mm f/2.0 dan sensor CMOS X-Trans II APS-C yang besar. Hasilnya, kualitas foto di kondisi cahaya temaram amat baik dengan noise yang minim dan menyamai kamera full-frame. 


Inovasi canggih yang dimilikinya adalah hybrid viewfinder yang belum dimiliki pesaingnya. Fuji X100S memiliki viewfinder (lubang intip) optical dan elektronik sekaligus yang dapat diganti hanya dengan menggeser kenop di dekat lensa. 

4. Nikon 1 AW1
Selama ini fotografer selalu mengandalkan cangkang khusus saat ingin menghasilkan foto bawah air yang baik. Kebanyakan kamera tangguh yang tahan air dan dapat diajak menyelam tanpa aksesori tambahan biasanya memiliki keterbatasan di sisi lensa dan ukuran sensor. Nikon 1 AW1 merupakan kamera mirrorless pertama di dunia yang dapat langsung diajak menyelam tanpa membutuhkan housing khusus.


Nikon juga sudah menyediakan lensa khusus dan aksesori lain seperti flash yang juga tahan air untuk menemani Nikon 1 AW1. Harganya juga cukup bersahabat, yaitu di kisaran 10 juta rupiah.

5. Canon EOS 70D
Canon EOS 70D adalah kamera pertama Canon yang dilengkapi teknologi autofocus terbaru yaitu teknologi Dual Pixel CMOS AF. Teknologi AF ini menjanjikan kinerja autofocus lebih cepat pada mode Live View dan pergerakan fokus yang lebih halus dan lebih akurat pada modus video.

Dual Pixel CMOS AF bekerja dengan memanfaatkan arsitektur sensor CMOS terbaru yang memungkinkan dua photodioda terpasang di setiap pixel pada sensor. Kedua photodioda tersebut dirancang untuk dapat bekerja secara independen untuk mencapai kinerja autofokus yang lebih cepat atau dapat juga bekerja secara bersama untuk pengambilan gambar dengan hasil kualitas gambar yang maksimal di segala situasi pemotretan.

Canon EOS 70D yang telah dilengkapi koneksi Wi-Fi ini sudah bisa didapatkan di pasaran dengan harga 11 juta rupiah.

6. Panasonic Lumix GX7
Ada inovasi menarik yang dibawa Lumix GX7. Selain desain yang klasik, GX7 merupakan kamera digital pertama dengan viewfinder elektronik yang dapat diputar hingga 90 derajat. Jadi Anda dapat mengintip dari atas, seperti kamera TLR jaman dulu. 


Selain viewfinder, layarnya juga dapat diputar untuk kemudahan komposisi gambar. Juga terdapat koneksi Wi-Fi yang memudahkan transfer foto ke gadget lain.

7. Sony Cybershot RX10
Kamera prosumer yang dilengkapi lensa zoom dengan jangkauan panjang memberikan fleksibilitas lebih bagi penggunanya dalam berbagai kondisi. Sayangnya, kebanyakan kamera superzoom sering dipadukan dengan sensor kecil yang biasa ditemukan di kamera saku.


Kini Sony memadukan sensor BSI-CMOS EXMOR R 20 megapixel berukuran 1 inci yang jauh lebih besar dibandingkan kebanyakan sensor di kamera saku dengan lensa Carl Zeiss Vario Sonnar T* yang memiliki jangkauan 24-200mm. Hebatnya, lensanya ini memiliki diafragma konstan f/2,8.