Tuesday, January 7, 2014

Asyik, bakal ada tablet murah dari Acer!

KALAU anggaran tak begitu banyak tapi ingin bisa membeli gadget dengan kemampuan cukup mumpuni, apa yang harus dilakukan? Pilihannya ada beberapa, antara lain: Membeli gadget bekas, dari merek papan atas, yang umur rilisnya baru sekitar satu sampai maksimal tiga tahun. Soalnya kalau sudah lebih dari tiga tahun, secara hardware juga sudah tidak mumpuni lagi buat digunakan menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada saat ini.


Pilihan lainnya, rajin meneliti produk-produk lokal atau dari Cina yang banyak ditawarkan dengan harga relatif rendah, namun dengan spesifikasi yang tak jarang lumayan mumpuni. Untuk pilihan yang ini, otomatis Anda harus punya pengetahuan mengenai kelas-kelas hardware dan software yang umum digunakan pada sebuah gadget. Sebab bila tidak, Anda hanya akan menjadi bingung dan berkemungkinan bakal memilih produk yang salah, atau tak sesuai yang Anda harapkan.

Berikutnya adalah pilihan yang mengandalkan kesabaran dan cerdik. Anda harus sabar, karena produk bagus yang dipasarkan dengan harga relatif terjangkau sangat jarang terjadi, walaupun akhir-akhir ini agak banyak dilakukan oleh berbagai produsen. Produk dengan status 'mini' adalah salah satunya. Tapi kalau Anda cerdik, Anda pasti akan menunggu hadirnya produk tandingan dari produk mini yang ada di pasaran, atau produk yang sengaja dibuat untuk menggoyang pasar dengan produk yang lumayan mumpuni tapi dengan harga terjangkau.

Contoh konkrit yang ada sekarang ini adalah produk dari Acer. Pekan kemarin, Jumat, 3 Januari 2014, Acer memperkenalkan dua produk tablet Android terbaru, yang membawa spesifikasi cukup tinggi namun dengan harga terjangkau, yaitu Acer Iconia A1-830 dan Acer Iconia B1-720. Kedua produk terbaru Acer ini memang ditujukan untuk segmen pasar menengah ke bawah. Tapi jangan dianggap remeh. Karena keduanya memiliki spesifikasi yang terbilang lumayan mumpuni.

Acer Iconia A1-830 mempunyai penampilan yang sedikit besar, yaitu dengan diagonal layar 7,9 inci dan resolusi 1.024 x 768 yang kerapatannya 162 ppi (pixel per inch). Kinerjanya didukung oleh prosesor Intel Atom Clover Tail Z2560 berkecepatan 1,6 GHz. Untuk mendukung performanya, tablet ini didukung oleh RAM sebesar 1 GB dan memori internal sebesar 16 GB. Untuk perluasan ruang penyimpanan, tersedia slot microSD. Dan pastinya, tablet juga punya kamera depan-belakang, bluetooth, wi-fi, dan sistem operasinya Android 4.2.1 Jelly Bean. Katanya, baterainya sanggup bertahan sampai 7,5 jam, dan harganya US$ 150.

Sedangkan Acer Iconia B1-720, selain harganya lebih murah beberapa ratus ribu rupiah, spesifikasinya juga sedikit lebih rendah. Namun belum ada pemberitahuan secara detail dari Acer mengenai spesifikasi tablet yang kedua ini. Yang baru ada hanya seputar layarnya yang 7 inci, prosesor dual-core berkecepatan 1,3 GHz. Untuk RAM 1 GB, ada slot microSD, dan sistem operasinya Android 4.2.1 Jelly Bean. Harganya, US$ 130.

Saat ini, kedua produk itu akan dipamerkan pada Pameran Consumer Electronics Show 2014, di Las Vegas, Amerika Serikat, mulai besok, 7 - 10 Januari 2014. Kabarnya, kedua produk ini akan dirilis pada kuartal pertama tahun ini.