Thursday, January 16, 2014

Wah, Bakal Ada Aplikasi Android di BlackBerry!

BERJUANG untuk bisa tetap bertahan memang sangat berat dan memerlukan pencurahan dari segala potensi yang dimiliki. Hal itulah yang kini sedang terjadi pada BlackBerry. Dalam rangka untuk bisa bertahan itu, maka wajar saja kalau BlackBerry bahkan mau bersusah-payah untuk bisa menghadirkan aplikasi Android secara resmi di toko aplikasinya, yaitu BlackBerry App World. Dan ini, dimungkinkan dengan telah adanya BlackBerry Messenger versi Android tentu, walaupun secara teknis memang diperlukan penyesuaian yang tidak mudah.


Belum lama ini, situs Tech Radar mengabarkan bahwa BlackBerry tengah melakukan pendekatan dengan pihak Google, khususnya di divisi pengembang aplikasi Android. Kabar serupa, sebenarnya juga telah terdengar pada saat berlangsungnya Pameran Consumer Electronic Show 2014, yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, minggu silam.
 
Menurut info yang beredar dalam acara tersebut, disebutkan setidaknya ada empat pengembang aplikasi Android yang telah mengonfirmasi, bahwa benar pihak BlackBerry memang tengah mendekati mereka untuk menjalin suatu kerjasama.

Akan tetapi, sudah barang tentu bahwa ini bukanlah hal yang mudah. Karena pengembang perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian, misalnya bentuk ikon, screenshot, dan deskripsi aplikasi yang ada di Android, pada BlackBerry App World itu. Di samping itu, juga diperlukan dukungan Android APK langsung, dan hal itu jelas bukanlah pekerjaan yang mudah.

Namun begitu, ada beberapa pihak yang menilai bahwa kehadiran aplikasi Android di BlackBerry App World ini, akan banyak memberi keuntungan dan sekaligus manfaat yang besar bagi BlackBerry. Nantinya, aplikasi Android ini akan tersedia untuk semua seri BlackBerry 10, termasuk BlackBerry Q5, Q10, Z10, dan Z30.

Sayangnya, belum ada kepastian, baik dari pihak Google maupun BlackBerry, kapan hal ini akan terwujud. Jadi, ya kita tunggu saja perkembangannya.