Tuesday, January 21, 2014

Begini Cara Membersihkan Touchscreen yang Benar

SAAT ini, layar sentuh gadget adalah tempat paling kotor yang selalu kita bawa ke mana-mana. Bayangkan, habis cuci tangan, atau habis makan rujak, atau makan fried chicken, atau bahkan ngupil, kita dengan santai langsung srat-sret srat-sret di layar sentuh gadget. Bekas minyak, bekas bumbu rujak, upil mikro, oli rantai motor, dan masih banyak lagi, semuanya bercampur satu di situ.

Ini bukan soal sehat tak sehat, tapi soal kotor dan ketidak-nyamanan pada saat menggunakan gadget tersebut. Kita memang sering membersihkannya, dengan telapak tangan, sisi tangan, atau tisyu, bahkan dengan mengusapkannya ke celana atau menggunakan ujung baju atau kaos. Apa itu cara yang benar? Coba perhatikan permukaan layar sentuh gadget kita dengan memiringkannya ke segala sisi, masih terlihat ada lapisan minyak atau kotoran di sana? Kalau ya, berarti cara kita membersihkan layar sentuh itu belum tepat.

Jadi, bagaimana? Berikut ini adalah tips dari wikihow mengenai itu: 

1. Pakailah kain microfiber
Umumnya, kita suka memakai kapas, atau tisyu, atau kain lembut - bahkan ujung baju atau kaos, untuk membersihkan layar sentuh gadget. Itu memang tidak salah. Tapi, yang terbaik ialah menggunakan kain microfiber yang biasanya buat membersihkan lensa kacamata.

Karena ukuran serat kain ini kecil dan halus, sehingga sangat cocok untuk dipakai sebagai lap layar sentuh gadget. Selain itu, kain ini awet dan harganya juga murah. 

2. Matikan layar
Kalau layar dalam keadaan aktif atau hidup, kotoran atau bekas sidik jari yang melapisi permukaannya tidak begitu jelas terlihat. Oleh karena itu, matikan dulu layarnya, supaya kotoran atau bekas sidik jari yang melekat bisa terlihat jelas. 

3. Gosok secara melingkar
Cara membersihkan layar sentuh yang benar adalah dengan menggosok secara melingkar - karena cara ini yang paling efektif dalam menghapus kotoran atau bekas sidik jari, bukan mengusapnya secara vertikal atau pun horisontal - yang justru akan membuat kotoran atau bekas sidik jari menjadi melebar ke mana-mana. 

4. Kalau perlu, pakai cairan pembersih
Kalau layar sentuh terasa terlalu kering, sebaiknya gunakan cairan pembersih. Sedikit saja.

Ikuti cara pemakaiannya berikut ini: Teteskan cairan ke microfiber yang akan digunakan sebagai pembersih layar sentuh, jangan langsung ke layar sentuhnya, sebab bisa menimbulkan bekas air yang sukar dibersihkan. 

5. Biarkan kering sendiri
Kalau kita membersihkan layar sentuh dengan menggunakan cairan pembersih, maka permukaan layar akan terlihat basah. Selama basah itu hanya tipis saja, biarkan dia mengering sendiri. Makanya, jangan terlalu banyak dalam menggunakan cairan pembersih.

No comments:

Post a Comment