Tuesday, January 28, 2014

Lingkaran Hitam di Mata? Begini Cara Mengatasinya!

MEMILIKI penampilan yang bersih, segar, dan 'bercahaya', siapa sih yang tak mau? Makanya, tak mengherankan kalau produk kosmetik yang menjanjikan efek yang bisa membuat wajah menjadi terlihat bersih, segar, dan bercahaya, sangat laris bagaikan kacang goreng. Laki-laki atau perempuan sama saja nafsunya dalam perkara ini. Namun itu bisa dimaklumi, mengingat wajah merupakan impresi pertama kita saat bertemu seseorang. Kalau wajahnya terlihat bersih, apalagi kalau bisa terlihat seperti orang suci, maka bisa dipastikan kita akan bisa memikat semua hati orang yang ada di sekeliling kita.

Salah satu yang merusak 'penampakan' wajah kita ialah lingkaran hitam pada mata, khususnya di bagian kantung mata. Karena lingkaran pada mata itu mengisyaratkan ketidak-segaran, kelelahan, dan menyiratkan kesan kusam. Sehingga penampilan menjadi terlihat lesu dan lusuh. Kalau hanya sekadar dianggap kelelahan sih, rasanya tak begitu mengkhawatirkan. Tapi kalau disangka pemakai narkoba bagaimana? Bisa rusak reputasi!

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan kalau lingkaran hitam itu muncul di mata kita? Yang pasti, ya kita harus hidup lebih sehat. Dengan menjaga kebugaran, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, dan menghindari stres. Sebab, kemunculan tanda hitam pada kantung mata memang bersumber pada kelelahan, stres, kurang istirahat, dan kurang darah atau anemia.

Seperti mesin, mata pun bisa panas kalau terus dipaksa bekerja. Oleh karena itu, kalau mata terasa mulai tak nyaman, istirahatkan dan dinginkan. Dengan apa? Bisa dengan dikompres kain yang dibasahi, atau boleh juga dengan es batu. Kalau mau rutin, Anda bisa melakukannya pada malam menjelang tidur, atau pada pagi hari setelah bangun dari tidur. Lakukan pengompresan selama 5 sampai 10 menit.

Tapi tentu saja ada cara lain yang lebih baik. Nah, silakan disimak. 

Khasiat Mentimun
Anda pasti sering melihat gambar, atau bahkan melihat secara langsung, para perempuan menggunakan irisan mentimun untuk mengompres matanya. Itu perlakuan yang benar untuk mata. Karena mentimun memiliki khasiat astringent yang bisa melancarkan peredaran darah. Selalu sediakan mentimun dan simpanlah di kulkas untuk mengompres mata Anda. Dalam keadaan dingin, tutupkan irisan mentimun di atas kelopak mata, atau oleskan jus mentimun di bagian kantung mata yang menghitam, dan biarkan selama 10 menit. 

Teh Celup Bekas
Sehabis menyeduh teh celup hijau atau hitam, sebaiknya ampasya jangan dibuang. Sebab ampas teh hijau atau teh hitam mempunyai khasiat sebagai penyegar mata. Sebab zat tannin yang terkandung pada teh hijau atau teh hitam berkhasiat mengecilkan pembuluh darah dan sekaligus juga mengencangkan kulit. Selain itu, sifat basa ampas teh bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan kulit di sekitar mata. Rendam teh celup bekas ke dalam air dingin semalaman, lalu kompreskan di area mata selama 10 menit. Lakukan sebelum atau sesudah tidur. 

Eye Repair Roll-On atau Cream
Selain dengan cara alami atau herbal, Anda bisa juga menyembunyikan lingkaran hitam di mata dengan produk kosmetik, baik yang berbentuk roll-on maupun cream. Produk-produk bisa dipakai oleh perempuan maupun laki-laki. Biasanya produk ini mengandung kafein, yang berguna untuk melancarkan aliran darah di sekitar mata, sehingga mata menjadi lebih segar.

No comments:

Post a Comment