Monday, October 28, 2013

Begini Cara BBM-an di Android

SUDAH belasan juta pengunduh aplikasi BBM yang melewati masa antrian dan mendapat pengesahan sebagai pengguna aplikasi BBM dari BlackBerry. Apakah Anda salah satunya? Dan sudah mulai menggunakan aplikasi pengirim pesan instan ini? Kalau begitu, selamat berkomunikasi. Sedangkan bagi Anda yang masih menunggu, atau baru ingin ikut menjadi pengguna BlackBerry Messenger, yang saat ini lagi jadi trend di kalangan pengguna gadget bersistem operasi Android dan iOS. Berikut ini langkah-langkah yang, mudah-mudahan, bisa membantu Anda dalam mengunduh, menginstall, mendaftar, dan menjalankan aplikasi BBM di perangkat Android. Silakan.
Aplikasi BBM bisa Anda unduh atau download di Google Play Store atau di BBM.com. Setelah diunduh, dan diinstall di perangkat Anda, masukkan alamat email Anda pada tampilan layar konfirmasi. Setelah itu, Anda harus menunggu notifikasi dari BlackBerry. Pada proses ini Anda harus sabar, karena harus mengantri untuk memperoleh izin akses ke aplikasi, kecuali kalau Anda sudah mendaftar sebelumnya di BBM.com – maka Anda akan bisa langsung menggunakan aplikasi BBM setelah memasukkan alamat email.

Bagi Anda yang mengantri memperoleh izin akses, setelah mendapat notifikasi dari BlackBerry, Anda harus mengonfirmasi lewat aplikasi BBM. Setelah itu, Anda tinggal Sign in untuk masuk ke aplikasi, dengan menggunakan BlackBerry ID yang Anda miliki. Apa Anda sudah punya ID BlackBerry? Kalau belum, maka Anda harus membuatnya. Tidak sulit, kok. Anda cuma perlu mengisi kolom data yang diminta saja. Sesudah itu, Anda tinggal Sign in untuk mulai menggunakan aplikasi BBM Anda.

Kalau sebelumnya Anda pernah menggunakan aplikasi BBM di perangkat BlackBerry, setelah Sign in, aplikasi akan melakukan pengaturan dan memindahkan daftar teman yang pernah Anda punya. Termasuk juga riwayat segala aktivitas yang pernah Anda lakukan dengan aplikasi BBM. Dan pastinya, proses ini akan memakan waktu – tergantung banyaknya daftar teman dan riwayat aktivitas Anda tentunya.

Namun bagi Anda yang pengguna baru aplikasi BBM, proses di atas tak akan terjadi, walau tetap harus menunggu sebentar, karena aplikasi akan melakukan pengaturan-pengaturan. Hanya saja, tak lama. Paling hanya beberapa menit.

Kalau semua proses sudah selesai, Anda akan berhadapan dengan layar utama BBM. Di layar itu, pada bagian bawah, akan Anda temukan 5 tombol, yaitu tombol Menu, Chat, Contact, Group, dan Menu. Memang ada 2 tombol menu di sana, yang pastinya berbeda isi menunya. Menu yang di kiri berisi, antara lain, chat yang sedang aktif, Contacts, Groups, update dari kontak BBM Anda, invite atau undangan yang diterima, dan invite yang Anda kirimkan. Sedangkan Menu yang di kanan berisi, antara lain, Help, Setting, invite teman, chatting bersama, mengirim pesan broadcast, dan memulai chatting.

Bila Anda pengguna lama BBM, kalau Anda menekan tombol Chat, maka segera akan ditampilkan riwayat chatting Anda sebelumnya. Tombol Contact akan menampilkan daftar kontak yang Anda miliki. Dan tombol Group akan menampilkan daftar grup yang Anda ikuti.

Anda mau chatting? Sebagai pengguna lama BBM, Anda pasti sudah tahu caranya, yaitu tinggal memilih teman yang mau diajak ngobrol pada daftar teman. Tapi bagaimana kalau Anda adalah pengguna baru? Ya pastinya Anda harus mengundang teman dulu. Tapi bagusnya, pada BBM Android ini ada kemudahan dalam mengundang teman, yaitu tidak hanya dengan menggunakan pin, tapi bisa juga dengan barcode, email, SMS, dan NFC. 


Jadi, kalau Anda mau menjadi pengguna BBM ada baiknya mulai mengumpulkan pin, atau alamat email, atau nomor telepon teman-teman Anda dulu. Atau, ya bisa juga, setelah Anda punya pin BBM, Anda sebarkan pin itu kepada teman-teman. Terserah, mau lewat SMS, telepon langsung, chatting di media lain, atau mungkin dengan cara lain yang lebih Anda sukai.

Pada layar Chatting ada 5 tombol, yaitu tombol kembali (back), tombol mengundang teman untuk bergabung dalam chatting yang sedang Anda lakukan, tombol jika mau melampirkan file, tombol mengirim pesan, dan tombol menu.

Untuk mengirim pesan, Anda tinggal mengetikkan pesan pada kotak bertuliskan “Entera message”. Nah, kalau semua pesan yang ingin Anda sampaikan sudah selesai ditulis, Anda tinggal menekan tombol Send pada deretan tombol di bawah. Kalau pesan itu berhasil dikirim, maka akan akan muncul icon berupa hurup D (delivered). Dan jika pesan Anda itu sudah dibaca oleh teman yang Anda kirimi pesan, maka akan muncul icon berupa hurup R (read). Jadi, seperti judul lagu, tidak ada dusta di antara kita. Sebab semua proses terdeteksi. Dan itu keunggulan BBM dibanding aplikasi chatting lainnya.

Kalau Anda mau membubuhkan Smiley atau Emoticon, Anda tinggal menekan tombol icon berupa wajah kuning sedang tersenyum, maka menu ini akan menampilkan berbagai emoticon khas BBM yang bisa Anda pilih.

Di pojok kanan bawah, ada menu bar, yang kalau Anda tekan akan menampilkan pilihan menu baru, antara lain, menambah teman ke percakapan yang sedang berlangsung, melampirkan file, mengirim pesan, Ping, menyalin pesan, dan menyudahi chatting.