Thursday, October 3, 2013

Jagoan Baru Sony: Xperia Z1

KABAR yang beredar mengenai smartphone unggulan terbaru Sony, sebelum diperkenalkan dalam ajang IFA 2013 di Berlin – Jerman, disebut dengan nama sandang Honami. Maka kebanyakan orang mengira, smartphone jagoan baru Sony itu akan bernama Honami. Namun ternyata, saat diperkenalkan oleh CEO Sony, Kazuo Hirai, dalam IFA 2013 di Berlin – Jerman, smartphone itu diberi nama sandang Xperia Z1. Pada kesempatan itu, Hirai mengungkapkan, “Xperia Z1 merupakan momen bersejarah bagi Sony. Tim ahli kami telah berhasil mengembangkan teknologi kamera yang belum pernah ada pada ponsel-ponsel lain di dunia.” Demikian ucapannya dikutip oleh Mobile World Live, 5 September 2013. 

Xperia Z1 ini, yang saat ini merupakan smartphone tercanggih Sony, diharapkan akan mampu mendongkrak bisnis ponsel Sony. Dan itu bukan harapan yang tanpa dasar. Sebab, Xperia Z1 ini memang dipersiapkan untuk menjadi penantang utama dari smartphone kelas atas seperti Galaxy dan iPhone, yang sebentar lagi pasti akan ‘melawan balik’ dengan seri terbaru mereka.

Dari segi keunggulan, kompetitor yang harus dihadapi Xperia Z1 adalah Galaxy S4 Zoom dan Lumia 1020 yang sama-sama mengunggulkan kemampuan kameranya. Namun mengingat sukses yang telah diraih Sony dalam bidang kamera digital, mestinya keandalan Sony dalam meramu kemampuan kamera pada ponsel andalannya ini tak perlu diragukan lagi. Terutama dari segi sensor dan lensa, Sony sudah punya pengalaman dan produk yang bagus.

Xperia Z1 dibekali kamera belakang berkapasitas 20,7 MP dengan sensor Sony Exmor RS 1/2,3 inci – yang 70% lebih besar dari smartphone pada umumnya, lensa Sony G F2.0 – yang memungkinkan pengambilan gambar pada cahaya rendah, flash LED – agar hasil foto makin cemerlang, teknologi BIONZ image prosesor – yang membuat kamera bisa mendapatkan fokus dengan cepat, dan SteadyShot – yang menjaga agar hasil foto tidak kabur karena goyang pada saat pengambilan gambar.

Yang menarik, pada Xperia Z1 tersedia fitur Timeshift-burst dimana dengan mode ini, kita dapat memotret sebuah momen secara kontinyu, yaitu 61 foto dalam 2 detik, sehingga rangkaian momen tak akan terlewatkan satu pun. Juga ada fitur Superior Auto yang akan mengoptimalkan hasil foto untuk pemotretan di segala suasana dan kondisi cahaya. Dan yang pasti bakal Anda sukai ialah fitur Social Live, dimana Anda bisa langsung menyiarkan apa pun yang telah Anda lakukan dengan kamera Xperia Z1, foto atau pun video, bisa langsung diunggah ke akun Anda di facebook, untuk dilihat atau dikomentari teman-teman Anda. Keren, 'kan?

Ada juga fitur AR Effect atau efek Augmented Reality yang membuat Anda bisa menambahkan animasi ke dalam hasil foto, dari mulai animasi dinosaurus sampai dunia bawah laut. Pokoknya bikin hasil foto Anda jadi tambah keren!

Fitur lainnya yang tak kalah berguna, yaitu fitur Info-eye. Dengan fitur ini, kalau Anda butuh informasi atas suatu obyek, Anda tak usah lagi repot tanya ke Mbah Google. Karena dengan fitur Info-eye ini, Anda cukup dengan memotretnya dan, “sim salabim!”, info yang Anda butuhkan akan muncul di viewfinder. Praktis dan cepat.

Kamera Xperia Z1 juga bisa merekam video kualitas full HD 1080p yang pasti akan sering Anda gunakan untuk merekam berbagai kegiatan Anda bersama teman atau keluarga. Selain itu, Xperia Z1 ini juga dirancang untuk kompatibel dengan lensa pintar Sony QX10 maupun QX100, yang memungkinkan hasil jepretan kamera Anda sekelas dengan karya profesional.

Di samping keunggulannya di segi kamera, Xperia Z1 juga telah memenuhi sertifikasi peringkat IP55/IP58 karena ketahanannya terhadap debu dan air. Sehingga Anda bisa mengajaknya berenang di air tawar selama 30 menit, hingga kedalaman 1,5 meter. Dan pastinya, Anda pun bisa memotret di bawah air. Namun, sebaiknya jangan bawa ponsel Anda ini berenang di laut.

Dari sisi fisik, Sony Xperia Z1 tampil dalam casing aluminium satu bagian berketebalan hanya 8,5mm, dengan bentang layar 5 inci (441 ppi) – kualitas Full HD berteknologi triluminos dan X-Reality. Sedang untuk kinerjanya, prosesor Qualcomm MSM8974 Quad Core 2,2GHz (Krait 400) diandalkan sebagai sumber tenaganya, didukung oleh RAM sebesar 2GB dan memori internal 16GB.

Performanya didukung oleh sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean, dengan antara muka (User Interface) khas Sony. Xperia Z1 ini juga telah mendapat sertifikasi PlayStation Mobile, untuk memastikan pengalaman gaming terbaik di ranah Android. Dan jangan lupa, ada pula aplikasi Walkman pada ponsel ini.

Untuk konektivitas, Sony telah membekali ponsel Android Jelly Bean terbarunya ini dengan Bluetooth 4.0, NFC, Wi-Fi, dan akses data nirkabel 4G LTE.

Nah, dengan menilik kecanggihan kamera dan performanya itu, tampaknya Sony memang benar-benar serius ingin menjadi raja smartphone Android. Karena faktanya, jika dilihat dari spesifikasinya, Xperia Z1 jelas berada di atas Samsung Galaxy S4. Jadi, kalau Anda memang benar-benar hanya menginginkan yang terbaik, produk ini jangan sampai dilewatkan.

Bagaimana? Tertarik? Sabar sebentar. Xperia Z1 akan dirilis pada Oktober 2013. Sedangkan untuk harganya, diperkirakan sekitar Rp. 8 juta. Sony Xperia Z1 akan tersedia dalam pilihan warna hitam, putih dan ungu.
SpesifikasiSony Xperia Z1
ProsesorQualcomm MSM8974 Quad Core 2,2GHz (Krait 400)
KameraUtama: 20 megapixel dengan sensor Sony Exmor RS 1/2,3 inci, lensa G F2.0, flash LED, BIONZ, dan SteadyShot. Depan: 2 megapixel dengan kemampuan rekam video 1080p
Display5 inci Full HD (1920 x 1080 pixel, 441 ppi) dengan teknologi TRILUMINOS, X-Reality, dan Sony Mobile BRAVIA Engine 2
RAM2GB
MemoriInternal 16GB + slot microSD (maksimum 64GB)
Konektivitas Wi-Fi a/b/g/n/ac, GPS, Bluetooth 4.0, NFC, HSDPA 42Mbps, HSUPA 5,8Mbps
O SAndroid 4.3 Jelly Bean
SertifikasiIP58 (tahan air) dan IP55 (tahan debu)
Dimensi144 x 74 x 8.5 mm
Bobot170 gram
Seperti apa wajah jagoan baru Sony ini? Berikut videonya: