Saturday, January 7, 2012

Fakta Dalam Kehamilan

SAYA merasa perlu berbagi sedikit hal yang saya ketahui baru-baru ini, setelah melahirkan dua orang bayi dalam waktu kurang dari dua tahun. Ada beberapa hal yang mungkin tidak diberitahukan oleh orang lain kepada Anda tentang bagaimana kehamilan dapat mengubah penampilan.
Setidaknya Anda akan lebih siap untuk beberapa tantangan kecantikan yang tidak Anda ketahui:

Kata mereka: Rambut Anda akan lebih tebal dan bersinar saat Anda hamil.
Fakta: Rambut Anda memang berhenti rontok. Sama sekali. Akan hampir tidak ada rambut di sisir atau lubang pembuangan kamar mandi, dan itu sangat aneh!

Rambut Anda menjadi sangat tebal, mungkin karena di beberapa masa selama kehamilan (bagi saya sekitar 4 atau 5 bulan), rambut Anda akan berhenti rontok tidak seperti biasanya. Anda akan keramas dan memakai kondisioner, kemudian akan menyadari dengan terkejut bahwa tidak ada rambut yang rontok dan menyumbat lubang pembuangan kamar mandi Anda.
Kata mereka: Setelah bayi lahir, rambut indah itu akan kembali rontok.
Fakta: Kepala Anda bahkan mungkin akan kehilangan garis rambut dan membentuk pola botak, dan kemudian ketika rambut mulai tumbuh kembali, maka akan menjadi lebih berantakan.

Jadi, rambut yang tidak rontok selama kehamilan itu akan rontok semua sesudah melahirkan, ditambah akan lebih banyak lagi yang rontok, sering kali dalam jumlah berlebihan sehingga Anda akan merasa terkejut dan ketakutan. Anda akan bertanya-tanya, apakah Anda akan botak. Tapi itu semua tidak berhenti ketika kerontokan melambat (saya jamin).
Sepuluh bulan setelah melahirkan, kerontokan berhenti dan saya memiliki rambut baru di sekitar garis rambut. Namun rambut yang pendek dan sedikit itu, sulit untuk ditata, bahkan dengan menggunakan produk rambut. Lupakan styling rambut dalam berbagai model yang lucu, saya bahkan tidak bisa menguncir rambut dengan sederhana. Ikat kepala, jepit rambut, semuanya tidak membantu. Sementara itu, saya memiliki teman-teman yang mengalami perubahan tekstur rambut selama/setelah kehamilan, berminyak, bergelombang dan kering, atau sebaliknya. Semuanya begitu menyeramkan. Jadi, bersiaplah.
Kata mereka: Kulit Anda akan bersinar saat hamil.
Fakta: Atau wajah Anda bisa berjerawat dan kasar.

Kulit Anda mungkin memberikan respons terhadap hormon-hormon kehamilan. Hal-hal aneh terjadi. Salah satu contoh: Selama kehamilan kedua saya, pada paha atas saya terdapat tekstur merah bergelombang halus, Anda akan berpikir itu merupakan luka karena pisau cukur, tapi tidak mungkin, karena saya tidak mencukur bagian di atas lutut saat perut saya mulai buncit. Ternyata, itu adalah keratosis pilaris, yang belum pernah saya alami sebelumnya. Untungnya itu bersih satu atau dua bulan setelah melahirkan.
Kata mereka: Anda mungkin mendapatkan guratan.
Fakta: Anda mungkin mendapatkan garis cokelat di tengah-tengah perut yang tidak hilang segera.
Garis ini, yang disebut linea nigra, membentang lurus ke bawah dari tengah perut Anda, dan dapat bertahan selama berbulan-bulan setelah melahirkan. Ini bukan masalah besar, tapi itu adalah hal yang aneh yang tidak pernah diberitahukan oleh orang lain. Tidak ada hal yang dapat Anda lakukan untuk segera menghilangkannya, Anda hanya harus menunggu.
Kata mereka: Mencukur bulu kaki Anda ketika perut sudah membesar merupakan sangat sulit dilakukan.
Fakta: Semua perawatan lainnya akan menjadi tantangan yang jauh lebih serius dan berpotensi memalukan.
Lupakan fakta bahwa kaki Anda bengkak, namun Anda bahkan tidak bisa melihatnya, memegangnya, atau bahkan melakukan pedikur tanpa rasa bersalah (secara teknis Anda harus menghindarinya, karena resiko infeksi). Ada tantangan perawatan yang lebih aneh, yang akan muncul dengan sendirinya, dan itu akan membuat Anda malu.
Kata mereka: "Perutmu sangat besar!"
Fakta: Perut Anda akan melar setelah sang bayi lahir. Bahkan jika Anda memiliki perut yang bagus sebelum hamil.
Saya adalah salah satu perempuan dengan perut melar saat hamil kedua kalinya, tidak ada pembengkakan di wajah saya, tidak ada penambahan berat badan signifikan di kaki saya, atau lengan, atau bokong. Jadi, saya dapat memberitahu Anda dari pengalaman: Anggaplah perkataan mereka sebagai pujian, dan jangan biarkan itu menjadi alasan Anda untuk mengurangi yoga sebelum melahirkan, atau diet sehat.
Setelah melahirkan, lemak tambahan saya sebesar sekitar 3 kg berubah aneh, dan untuk pertama kalinya saya punya perut yang buncit melar. (Analisis tidak ilmiah saya adalah, bahwa memiliki perut besar merenggangkan kulit di sekitar perut Anda, jadi, ketika sudah melahirkan akan melar).
Ini bukan hanya tentang kenaikan berat badan. Ini juga tentang pembengkakan, hormon, dan kurang tidur + stres yang parah, yang mengacaukan metabolisme Anda. Sehingga Anda akan merasa seperti orang aneh dengan diri Anda sendiri untuk sementara waktu, bahkan jika Anda merupakan salah satu dari perempuan-perempuan yang akan cepat langsing setelah melahirkan. Tapi jika Anda tidak cepat langsing, jangan menganggapnya sebagai sebuah beban, butuh perjalanan panjang untuk langsing kembali. Ini bukan lelucon, dan sulit untuk memahami tantangan ini sampai Anda mengalaminya sendiri. 
Ada yang mau menambahkan?

No comments:

Post a Comment