Sunday, January 15, 2012

Mengatasi Wasir Tanpa Operasi

WASIR adalah penyakit yang memalukan dan amat menyakitkan. Namun tak bisa disangkal bahwa saat ini amat banyak orang yang menderita penyakit ini. Nah, pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi wasir ini? Apakah harus dioperasi? Atau ada obat ajaib yang bisa menghilangkan penyakit itu dengan cara yang amat mudah? Kalau obat ajaib itu memang benar ada, pastinya wasir tak akan menjadi 'aib' atau biang penderitaan lagi. Tapi sayangnya, obat itu tak pernah ada. Jadi, bagaimana?
Yang penting adalah, setiap penyakit pasti ada obatnya. Kita harus yakin itu. Setidaknya, ada cara buat menghindarkan munculnya atau kambuhnya penyakit itu. Dan mudah-mudahan advis dokter ini bisa menjadi solusi yang Anda harapkan. Silakan disimak....

Wasir atau ambeien atau hemoroid adalah kondisi pembuluh darah balik (vena) yang mengalami pembengkakan di wilayah dubur bagian bawah. Ini adalah salah satu kondisi yang  paling umum ditemui pada gangguan di wilayah dubur dan anus. Sebagian besar kondisi hemoroid dapat sembuh dengan sendirinya, atau dengan bantuan obat-obatan, serta modifikasi gaya hidup dan diet. Sebagian kecil lainnya memang membutuhkan terapi dengan operasi.
Wasir yang membutuhkan operasi adalah wasir yang letaknya di sekitar anus (hemorrhoid eksternal) dan wasir di bagian dalam dubur (hemorrhoid internal), yang benjolannya keluar hingga ke anus, serta tidak bisa dimasukkan kembali, atau hanya bisa dimasukkan kembali dengan bantuan jari atau tangan (disebut juga hemorrhoid internal grade 3 atau 4). Bila Anda mengalami salah satu dari kedua hal ini, memang jenis terapi yang dianjurkan adalah dengan cara operasi. Bila jenis wasir Anda bukan jenis yang telah disebutkan di atas, bisa dicoba untuk diobati dengan cara tanpa operasi (dengan bantuan obat-obatan dan perubahan gaya hidup).
Untuk mencegah wasir agar tidak kambuh kembali, usahakanlah agar Anda cukup minum air putih, minimal 2 hingga 3 liter per hari. Selain itu, makanlah dengan porsi cukup dan banyak makanan berserat yang bersumber dari sayur mayur dan buah-buahan. Hal ini akan membantu mengurangi gejala wasir dan mengurangi risiko kambuhnya wasir.
Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment