Thursday, November 28, 2013

Begini Cara Bikin Channel Pada BBM

MERASA dapat angin surga, BBM lantas mulai merajalela. Nah, demi memuaskan penggunanya, BBM lantas mengembangkan fitur pada aplikasi andalannya itu. Dan pada kesempatan pertama ini, BBM akan menyediakan fitur Channels di aplikasi BBM. Bentuknya seperti apa? Ya kira-kira seperti miniblog, yang selama ini kita gunakan di facebook atau twitter, dan sosial media lainnya. Tapi jangan lupa, ini berkaitan dengan niat BlackBerry untuk menghasilkan uang dari BBM. Karena, kabarnya, lewat fitur Channels inilah BBM akan menangguk bayaran lewat iklan, terutama kepada merek atau produk yang menjadi pemilik Channels tersebut – misalnya Channels Samsung atau merek lain.


Apa manfaat mempunyai Channels ini? Ya seperti pada media sosial lain, di situ kita bisa menghimpun komunitas kita. Dan pastinya, kita bisa chatting secara pribadi, dua arah – yang artinya, bisa antara produsen dengan pelanggannya, juga bisa berbagi foto, memosting pesan atau status, dan semacamnya. Pokoknya, miriplah dengan yang biasa kita lakukan di media sosial lainnya itu. Namun untuk pastinya, nanti kita bisa lihat sendiri seperti apa modelnya. Tunggu saja. Tak lama lagi pasti akan dirilis.

Nah, sekarang mari kita bahas mengenai cara membuat Channels itu di akun BBM kita. Kira begini:

Cara ini dikutip dari situs CrackBerry. Pertama-tama, bukalah aplikasi BBM dan pilih ikon yang berupa tiga strip, yang adanya di bagian kiri bawah. Klik di situ, selanjutnya pilihlah menu Channels. Langkah berikutnya, pilih logo berupa tiga titik yang terletak pada bagian kanan bawah. Nah, yang terakhir, pilihlah Create Channels. Selesai! Gampang, 'kan?

Tapi jangan lupa, pada menu pembuatan Channels, isilah informasi yang dibutuhkan, yaitu seperti nama, kategori channel, dan unggah gambar untuk display dari channel yang akan kita buat itu. Kalau ketiga informasi itu sudah kita masukkan, kita tinggal mengatur settingnya, seperti mengizinkan subscriber Channel Anda itu buat chatting secara pribadi dengan Anda, atau mengizinkan komentar-komentar pada status yang kita posting, termasuk approval untuk komentar-komentar tersebut. Sehingga Channel benar-benar dalam kendali kita segala sesuatunya.

Channel kita itu bisa kita kelola lewat ponsel maupun melalui komputer. Tertarik? Tunggu beberapa bulan lagi.