Tuesday, November 12, 2013

Suara Jadi Jelas dan Jernih Berkat Tato Elektronik

INI bukan tatto seperti yang Anda kira, yang biasanya berupa gambar atau tulisan yang dirajahkan di kulit kita dan kemudian diberi warna dengan tinta. Bukan. Ini bukan tatto seperti itu. Ini adalah tato elektronik, yaitu berupa perangkat elektronik mungil dan tipis, yang bisa ditempelkan ke kulit leher. Gunanya sebagai penangkap getaran dan suara secara langsung dari sumber suara kita di leher, dan kemudian dipancarkan ke ponsel kita melalui jaringan bluetooth.

Tato elektronik ini memang merupakan gabungan antara perangkat transceiver (pemancar dan sekaligus penerima sinyal) dan mikrofon, yang berfungsi sebagai pengirim data lewat media bluetooth, Zigbee, atau sambungan NGC pada perangkat yang terhubung dengannya. Bentuknya seperti stiker atau gambar tempel yang bisa ditempelkan pada kulit. Melalui tato ini kita bisa memberi perintah dengan suara kepada ponsel kita, yang terhubung kepada tato, misalnya untuk melakukan panggilan telepon ke kontak yang kita ingin hubungi.

Selain sebagai remote kontrol dengan perintah suara, alat ini juga berfungsi sebagai media handsfree saat melakukan pembicaraan telepon. Karena tato ini ditempelkan di leher, sekitar tenggorokan, yang memungkinkannya menangkap getaran dan suara secara langsung dari sumbernya, maka suara kita pun jadi terdengar jelas dan bersih, walaupun kita menelepon di tengah keramaian.

Pihak Motorola - yang telah diakuisisi oleh Google, yang membuat dan mematenkan teknologi ini, seperti dilansir The Mobile Indian, mengatakan, "Saat ini, perangkat komunikasi bergerak seringkali digunakan di lingkungan yang berisik. Sistem tato ini akan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas komunikasi, dengan mengurangi kebisingan akustik dari lingkungan sekitar pengguna, sehingga suara pengguna akan jadi lebih jelas terdengar."

Namun masih belum ada kejelasan, apakah Google akan juga meluncurkan aplikasi pendamping bagi tato elektronik, yang berfungsi untuk mengirimkan suara secara langsung ke ponsel atau perangkat bergerak lainnya, ini.