Wednesday, November 6, 2013

iPad Jadul Juga Bisa Ngebut, Begini Caranya

PERTANYAAN penting: Sebagai pengguna iPad, apa yang Anda harapkan dari perangkat tersebut? Fungsi atau gengsi? Kalau gengsi, pasti Anda ingin segera mengganti iPad Anda dengan yang baru setiap kali iPad terbaru diluncurkan. Begitu, bukan? Namun kalau fungsi yang Anda harapkan, maka kecenderungannya, Anda baru akan mengganti dengan yang baru apabila kinerja dari iPad yang Anda miliki itu sudah kurang memuaskan. Terutama, pastinya, karena terasa semakin lamban.

Semuanya memang terserah Anda, sebagai pengguna dan pemilik uang, dari iPad yang ingin Anda tinggalkan dan menggantinya dengan yang baru. Namun kalau masalah yang Anda hadapi pada iPad Anda itu adalah melambatnya kinerjanya, itu bisa disiasati dengan tanpa harus membeli yang baru. Memang, iPad lama Anda tak akan bisa berjalan secepat iPad yang baru. Namun setidaknya, karena kinerjanya kembali optimal, maka kecepatannya juga akan meningkat – hingga setidaknya hampir seperti ketika masih baru. Berminat mengikuti kiatnya ini? Silakan.

Yang penting Anda pahami ialah, segala perangkat yang ruang penyimpanan data internalnya terbatas, pasti akan menjadi lamban kinerjanya kalau ruang penyimpanan itu sudah terisi lebih dari setengahnya. Maka, apabila hendak membeli perangkat jenis ini, baik smartphone, komputer tablet, maupun produk-produk sejenisnya, belilah yang ruang penyimpanan data internalnya atau umum disebut memori internalnya besar. Supaya, daya tampung itu tidak lekas penuh, yang berakibat pada penurunan kinerja. Memang harganya sedikit lebih mahal.

Namun, tentu saja selalu ada cara lain yang lebih sederhana dan lebih murah. Dan dalam kaitan ini ialah dengan menyimpan data ke penyimpanan eksternal, yaitu di penyimpanan awan atau iCloud. Dan juga menghapus aplikasi yang tak terlalu penting, yang tak pernah Anda gunakan, dari ruang penyimpanan internal itu. Itu cara paling sederhana dan murah agar kinerja perangkat Anda tetap optimal.

Nah, berikut adalah kiat-kiat untuk mengoptimalkan kembali iPad jadul Anda:

1. Singkirkan Foto dan Aplikasi
Seperti telah disinggung di atas, penuhnya ruang penyimpanan data internal akan membuat kinerja perangkat jadi melambat. Oleh karena itu, periksalah ruang penyimpanan data internal iPada Anda, apakah masih cukup lapang atau sudah mulai penuh. Caranya, pilihlah menu setting, general, lantas usage. Nah, di situ akan tertera sisa ruang yang tersedia.

Kalau sudah lebih dari setengah dari total ruang penyimpanan yang tersedia, maka Anda harus melakukan pembersihan. Singkirkan semua foto, video, riwayat chatting pada iMessage, dan naikkan atau simpan di awan atau di iCloud. Yang tak kalah penting adalah menghapus aplikasi yang jarang atau bahkan sama sekali tak pernah Anda gunakan. Karena aplikasi-aplikasi itu akan sangat membebani kinerja perangkat Anda. 

2. Gunakanlah Hanya Aplikasi Resmi dari Apple
Dengan menggunakan aplikasi yang resmi dari Apple, maka akan membuat penggunaan ruang penyimpanan internal jauh lebih sedikit pada iPad, dibanding kalau menggunakan aplikasi yang bukan buatan Apple. Maka, untuk menjelajah internet misalnya, sebaiknya Anda hanya menggunakan browser Safari yang memang buatan Apple, daripada Anda menggunakan Google Chrome, yang memang bukan buatan Apple dan tidak dirancang khusus untuk iPad.

3. Hapus Cache 
Cache adalah ruang penyimpanan segala data dari hasil Anda berselancar di internet. Dengan membersikan isi cache ini, akan membuat kinerja Safari atau sistem pencari lainnya, menjadi lebih cepat. Caranya, pilihlah menu setting, klik Safari, lalu pilih clear history dan clear cookies and data. Atau bisa juga, pilihlah menu setting, advanced, website data, kemudian pilih remove all website data. Nah, beres sudah.

4. Jangan Migrasi ke iOS 7 
Boleh jadi, sebagai sistem operasi terbaru, iOS 7 akan membuat kinerja iPad Anda menjadi lebih cepat. Tapi jangan lupa, hal itu akan membuat hardware atau mesin iPad Anda jadi harus bekerja ekstra keras untuk itu. Dan itu akan memperpendek umur komponen iPad. Jadi, sebaiknya tak usah tergiur dengan yang baru. Kalau sistem operasi bawaan dari iPad Anda adalah iOS 6, ya sebaiknya tetap menggunakan sistem operasi itu. Karena, pasti sistem operasi itulah yang paling tepat buat iPad Anda. Hanya saja, supaya kinerjanya tetap optimal, gunakan kiat-kiat di atas.

5. Matikan Update Otomatis 
Kalau Anda sudah terlanjur menggunakan iOS 7, apa boleh buat? Ya sebaiknya Anda mengikuti kiat-kiat berikut ini:

Pada iOS 7 terdapat fitur update otomatis. Nah, karena fitur update otomatis ini akan mempengaruhi kinerja iPad Anda, maka sebaiknya matikan saja fitur ini. Untuk itu, pilihlah menu setting, iTunes and App Store, lalu cari automatic downlad, dan matikan pilihan update otomatisnya.

Nah, akhirnya selamat beraktivitas kembali dengan iPad jadul Anda yang sudah oke lagi.