Thursday, June 23, 2011

Kesempatan Tersembunyi

Kalau kita merasa tak pernah melakukan kesalahan, rasanya, ada baiknya kita meneliti kembali langkah-langkah hidup kita. Soalnya, jangan-jangan kita tak pernah melangkah setapak pun di dalam kancah kehidupan ini, alias diam di tempat, alias pasrah pada belas kasihan nasib. Itu tidak benar. Karena, walaupun faktanya kesalahan memang tak mengenakkan, akan tetapi seorang yang penuh optimisme justru lebih banyak belajar dari kesalahan-kesalahan dibanding dari keberhasilan. Sebab kesalahan akan menuntun kita untuk mempelajari kembali apa-apa yang telah terjadi. Dan bukan cuma itu, kesalahan juga akan memandu kita untuk mengambil tindakan yang lebih baik.

Percayalah, kesalahan sesungguhnya adalah kawan terbaik kita, yang akan selalu mengatakan secara samar apa-apa yang seharusnya kita kerjakan. Makanya, marilah kita melihat suatu kesalahan secara apa adanya. Singkirkanlah prasangka, kesedihan dan ratapan apabila suatu kesalahan menimpa kita. Karena sesungguhnya, di balik kesalahan itu tersimpan kesempatan yang tersembunyi.
Sejarah membuktikan hal itu, yaitu ketika Columbus melakukan “kesalahan” yang besar saat dalam perjalanannya mencari jalur menuju India, ia malah menemukan benua Amerika. Namun siapa sangka bahwa bertahun-tahun kemudian, jutaan orang justru mengikuti “kesalahan”nya itu untuk menuai kemakmuran hidup mereka. Jadi, masihkah kita akan menganggap bahwa kesalahan adalah suatu bencana yang merugikan kita tanpa kompensasi?

No comments:

Post a Comment