Tuesday, June 28, 2011

100 Tahun untuk Dikenal

Tidak sabar adalah sifat genetik manusia. Itu sebabnya Tuhan selalu mengingatkan agar sabar, sabar, sabar. Dalam hal apa pun, manusia cenderung merasa tidak sabar, apalagi dalam urusan usaha. Maunya, kalo bisa, sebelum produk hasil usahanya selesai dibuat barang itu sudah laku terjual. Tak masuk akal. Padahal segala sesuatu di dunia ini ada prosesnya, ada waktu untuk menjadi dikenal, seperti sudah dicontohkan dalam banyak kasus kehidupan ini sendiri; lahir, tumbuh besar, menjadi bagian dari kehidupan sesuai kodratnya, dan akhirnya mati. itu sudah kodrati. Tidak mungkin ada yang bisa menghindarinya.

Itu adalah pelajaran alam bagi kita, supaya kita lebih bersabar dalam segala hal, khususnya dalam membangun usaha dan menghasilkan produk. Dan berikut ini adalah bukti dari kodrat alam bahwa segala sesuatu itu ada waktunya. Silakan disimak dan selamat terheran-heran.
Proses mesin faksimili yang pertama dipatenkan pada tahun 1843 oleh Alexander Bain, tapi mesin faksnya sendiri baru dipergunakan pada tahun 1964.
Pada tahun 1888, Frank Sprague menyelesaikan rel kereta api listrik, tetapi lokomotif listriknya sendiri baru diperkenalkan pada tahun 1895.
Eugene Ely mendaratkan sebuah pesawat di atas kapal pada tahun 1911, tetapi kapal pengangkut pesawat terbang (kapal induk) belum disempurnakan hingga 20 tahun setelah peristiwa itu.
Terjun payung dilakukan pertamakali dari sebuah balon udara oleh Andre-Jacques Garnerinthe di Perancis pada tahun 1793. Namun Leonardo da Vinci telah membuat rancangan rinci tentang parasut di tahun 1485.
Pada abad ke-15 Leonardo Da Vinci membuat sketsa tentang helikopter, tank baja dan roda pendarat yang dapat dikeluar-masukkan. Helipkopter pertama yang dapat membawa penumpang diterbangkan oleh Paul Cornu di tahun 1907. Tank baja digunakan pertama kali pada Perang Dunia I di Cambrai, Perancis, di tahun 1917. Pesawat terbang pertama yang menggunakan roda pendarat dibuat pada tahun 1933. Da Vinci juga menyarankan metode pernafasan di bawah air. Jacques-Yves Cousteau dan Emile Gagnon memperkenalkan penyelaman bawah air di tahun 1943, atau 458 tahun setelah diperkenalkan oleh Da Vinci.
Walaupun Alexander Fleming menemukan penicillin di tahun 1928, tapi baru pada tahun 1938 Howard Florey dan Ernst Chain menemukan cara untuk memproduksi penicilin, dan baru didemonstrasikan pada tahun 1942.
Adolph Fick adalah yang pertama menyarankan penggunaan lensa kontak di tahun 1888, dan walaupun telah ada 2 perusahaan yang memproduksi lensa kaca, tapi baru tahun 1948 Kevin Tuohy menemukan soft lens dari plastik.
Kode batang (Bar codes) ditemukan oleh Bernard Silver dan Norman Woodland. Mereka menggunakan sistem pencahayaan untuk membaca sebuah set lingkaran terpusat, tetapi baru dua dekade (20 tahunan) kemudian sistem tersebut menjadi lebih praktis dengan bantuan komputer.
Heron dari Yunani membuat mesin uap pertama pada 50 SM. Namun pemerintah saat itu menganggap mesin itu akan menimbulkan pengangguran yang akan menimbulkan ketidak-nyamanan sosial. Akhirnya mesin itu tidak pernah dipakai lagi. Mesin uap muncul kembali pada 1698, ketika Thomas Savery menemukan pompa uap. Mesin uap pertama yang dapat digunakan secara luas adalah mesin ciptaan Thomas Newcomen pada 1701. Mesin tersebut digunakan untuk pompa di tambang batubara. Pada 1804, penemu berkebangsaan Inggris, Richard Trevithick memperkenalkan lokomotif uap di Wales. Pada 1815, George Stephenson membangun lokomotif uap pertama di dunia yang dapat digunakan secara massal.
Komputer pertama kali diluncurkan pada tahun 1943, lebih dari 100 tahun setelah Charles Babbage merancang alat pertama yang dapat diprogram. Babbage membatalkan idenya setelah gagal mendapatkan dukungan dana. Pada 1998, Museum Science di London, Inggris, membangun replika mesin yang diciptakan Babbage, menggunakan bahan-bahan dan metode kerja yang ada pada masanya Babbage. Mesin itu dapat bekerja dengan baik sebagaimana yang ditemukan oleh Babbage.

No comments:

Post a Comment