Friday, June 3, 2011

Kanker Serviks, Disebabkan Pembalut?

Rajin memeriksakan diri merupakan jalan keselamatan.
Sebuah iklan layanan masyarakat di teve menyatakan bahwa kanker serviks atau kanker mulut rahim kini jadi ancaman utama perempuan Indonesia. Dan bahkan dikatakan juga dalam iklan itu bahwa kanker ini telah merenggut nyawa satu perempuan Indonesia setiap satu satu jam. Bayangkan, satu nyawa tiap satu jam!

   Karena itu WHO lantas menunjuk Indonesia sebagai negara dengan penderita kanker mulut rahim terbanyak di dunia. Bayangkan, yang terbanyak! Yang No. 1 di dunia! Wah, kenapa bisa begitu? Salah satunya, katanya, karena penggunaan produk pembalut wanita yang tidak berkualitas. Dan juga karena rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit ini.


   Data dari RSCM menyebutkan bahwa rumah sakit ini menerima setidaknya 400 pasien kanker leher rahim baru setiap tahunnya, dan dengan persentase kematian mencapai angka 66%. Hal itu dikarenakan penderita yang datang umumnya sudah dalam kondisi stadium lanjut.


Si Cantik yang mematikan.
   Jadi, Ujilah Pembalut Anda!
Karena salah satu pemicu terjadinya kanker ini adalah pembalut wanita, maka ada baiknya Anda mengecek sendiri kualitas pembalut waanita yang biasa Anda gunakan, untuk mengetahui tingkat higienitasnya. Berikut ini adalah cara sederhana untuk melakukan pengujian tersebut:
 Robeklah permukaan produk pembalut dan ambil bagian intinya yang berfungsi sebagai penyerap cairan.
 Siapkan segelas air bening. Gunakan gelas beling bening agar bisa melihat lebih jelas ke dalam isi gelas saat dilakukan pengujian.
 Masukkan sebagian dari inti pembalut ke dalam gelas yang berisi air itu, lalu aduklah dengan menggunakan gagang sendok atau sumpit.
 Perhatikan perubahan warna pada air. Kalau pembalut memang higienis maka warna air akan tetap bening atau jernih.
 Amati juga apakah inti pembalut tersebut tetap utuh atau hancur menjadi seperti pulp (bubur kertas). Sebab apabila inti pembalut hancur dan airnya menjadi keruh, itu berarti pembalut yang
Anda beli merupakan produk yang kurang berkualitas, dan banyak mengandung pemutih/kaporit.


Periksa dan ujilah pembalu yang biasa Anda pakai,
agar tidak merugikan kesehatan Anda.
Sebaiknya pengujian seperti di atas Anda lakukan, mengingat produk yang kurang berkualitas akan menyebabkan masalah pada bagian intim wanita yang menggunakannya, yang antara lain akan menyebabkan: 
Keputihan 
 Gatal-gatal 
 Iritasi 
 dan lain-lain.

2 comments:

  1. terimakasih pak informasinya, segera saya informasikan ke istri saya.

    salam kenal

    ReplyDelete
  2. Sama-sama, Pak, semoga bermanfaat. Dan terima kasih telah berkunjung serta mengisi komentar untuk saya.

    Salam kenal kembali

    ReplyDelete