Thursday, July 28, 2011

I.N.S.O.M.N.I.A

Ini penyakit khas manusia modern. Makanan yang sangat sehat, tapi kurang olahraga, terlalu banyak yang harus dipikirkan, berada dalam kondisi stres sepanjang hari, kerjanya hanya duduk, dan banyak minum kopi atau minuman penambah energi. Akibatnya, persediaan energi bertumpuk namun tidak terpakai. Akibatnya, mata terus melotot, otak terus bekerja - meski tak jelas arahnya, dan jam biologis menjadi kacau. Hal macam ini hampir menjadi pola hidup yang rutin bagi kebanyakan orang dewasa ini. Karena zamannya memang sudah menuntut agar perilaku sibuk, tak kenal waktu, tak kenal lelah ini, untuk dianut dan diterapkan oleh semua orang yang tidak ingin dirinya tersingkir atau tertinggal dari ajang perpacuan hidup, yang semakin ketat persaingannya.

Maka akhirnya harus direlakan, apabila aktivitas yang padat terkadang memakan waktu tidur, terlebih bagi orang dengan mobilitas tinggi dan dengan kepadatan aktivitas yang tinggi pula. Sehingga waktu untuk tidur jadi berkurang bahkan cenderung tidak teratur. Nah, ketidak-teraturan inilah yang menjadi cikal-bakal dari masalah insomnia atau sulit tidur ini. Bagi sebagian orang, insomnia sering dianggap sebagai penyakit yang menyusahkan bahkan bisa dibilang menyiksa karena di saat orang lain dengan mudah lelap tertidur, penderita insomnia ini justru sulit sekali memejamkan matanya, apalagi untuk tidur.
Berikut ini ada beberapa kiat untuk mengatasi insomnia atau susah tidur itu, tanpa harus menggunakan obat-obatan, melainkan hanya dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri. Silakan disimak. Semoga bermanfaat.
1. Mula-mula tentukanlah waktu tidur Anda dan bangun secara teratur. Tidur pada waktu yang berubah-ubah akan membuat badan jadi senantiasa dalam kondisi siaga. Akibatnya tubuh selalu dalam keadaan tegang. Jika sudah di tentukan waktu untuk tidur dan bangun, seyogyanya dipatuhi. Disiplin, itu kuncinya.
2. Apabila seseorang sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari. Karena tidur di siang hari malah akan mengurangi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya, pada malam hari ia akan sering terjaga dari tidurnya.
3. Tempat tidur seyogyanya hanya digunakan untuk tidur dan tidak digunakan untuk kegiatan lain. Misalnya menonton TV, menulis dan sebagainya. Ini mungkin terdengar seperti hal sepele, akan tetapi sebenarnya berdampak besar secara psikologis.
4. Jangan menggunakan peralatan elektronik seperti ponsel menjelang tidur.
5. Olahraga dapat membantu Anda mengatasi sulit tidur. Maka, lakukanlah olahraga pada sore hari atau setelah matahari terbenam.
6. Menjelang tidur, sebaiknya hindari makanan dan minuman tertentu, seperi makanan manis. Demikian pula dengan minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi.
7. Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur. Kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar.
8. Berniat tidur dan konsekuen atas niat itu. Jadi, jangan lagi memikirkan hal-hal lain yang bisa menghalau kantuk, seperti memikirkan pekerjaan yang belum rampung dan sebagainya.
9. Berbaringlah dengan rileks dan konsentrasi atau meditasi – untuk melepaskan segala pikiran dan terbenam dalam lelap.
10. Bagi Anda yang muslim, berdzikir saat akan tidur adalah obat tidur paling mujarab.
Selamat tidur....

No comments:

Post a Comment