Thursday, July 28, 2011

Jualan softdrink ke Timur Tengah

Seorang salesman softdrink ternama dunia baru saja kembali dari tugasnya di Timur Tengah. Dengan wajah yang sangat kecewa ia menghadap kepada bossnya. Meski melihat mimik muka kusut anak buahnya itu, tetap saja Si Boss bertanya mengenai kegagalannya, "Kenapa kamu gagal melakukan transaksi di Arab?"

Dengan lesu Si Salesman bercerita, "Saat tiba di Arab, saya begitu yakin bisa menjual  produk kita, Boss," mulainya, "Cuma, ada satu masalah, saya tidak  mengerti bahasa Arab. Jadi, saya memutuskan untuk mempromosikan produk  kita melalui poster bergambar.” 
“Itu masuk akal,” ujar Si Boss. “Dan apa yang kamu lakukan dengan poster itu?”
Si Salesman menjelaskan, “Poster pertama, gambarnya seorang  pria yang sedang sekarat dan kehausan di tengah padang pasir, disambung poster selanjutnya bergambar pria tersebut kemudian meminum produk kita, dan berlanjut poster terakhir, bergambar pria tersebut akhirnya bangkit kembali dengan kondisi yang segar bugar.” Ia meanjutkan, “Kemudian ketiga poster tersebut saya tempel di seluruh penjuru Arab.” 
Si Boss memotong dengan perasaan heran, “Saya rasa, itu ide yang jenius. Tapi kenapa kamu bisa gagal dalam menjual?" tanyanya.
Dengan wajah sedih, Si Salesman menjawab, "Masalahnya, bukan hanya saya tidak mengerti bahasa Arab, Boss, tapi saya juga tidak tahu kalo orang Arab itu membaca dari kanan ke kiri...."


No comments:

Post a Comment