Saturday, October 29, 2011

Resep Panjang Umur

Apa yang kita makan dan apa yang ada di dalam hati kitalah yang menentukan umur kita....  
A. Pensiunan guru, Wu Zugang (102 tahun), dan istrinya, Wan Xinhui (99 tahun), mengungkap rahasia umur panjangnya adalah:
“Selalu menjaga rasa damai dalam pikiran kita. Be positive, calm and don’t fight.”
Beberapa tips: Walaupun sudah banyak rahasia umur panjang dan tetap sehat, ternyata  prinsip dasarnya selalu sama, antara lain:

1. Berusaha memiliki dukungan spiritual (agama/keyakinan).
2. Jangan bertengkar atau berkelahi. Konflik dan stres merupakan racun yang efeknya akan menurunkan kekebalan tubuh selama 24 jam selanjutnya.
3. Menjaga hubungan baik dengan teman, kerabat, famili.
4. Berusaha tidur/istirahat cukup. Yang terbaik, tidur adalah 7 sampai 9 jam sehari. Mereka yang kurang tidur, memiliki resiko kematian lebih awal, 70 % lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur cukup.
5. Berusaha mencintai pekerjaan kita. Kurangnya tingkat kepuasan dalam bekerja menimbulkan stres yang memicu sakit kepala, demam, maag, bronkhitis dan penyakit-penyakit lainnya.
6. Imbangi dengan olahraga rutin dan pola makan yang kaya buah, sayuran, gandum, dan konsumsi minyak tanaman, seperti minyak zaitun. Kurangi daging dan lemak hewani.


B. Sementara itu, Yuan Wenjuan (88 tahun), pensiunan dokter yang masih aktif bekerja sebagai sukarelawan, dan tubuhnya masih sanggup melakukan gerakan-gerakan olahraga yang sulit, mengungkap rahasia makanannya, bahwa selain vegetarian, ada pola 5 warna:
1. Hijau: berarti sayuran yang kaya vitamin.
2. Hitam: adalah jamur hitam dan biji-bijian dan kacang hitam baik untuk ginjal.
3. Putih: jamur putih , baik untuk paru-paru.
4. Merah dan
5. Ungu, keduanya adalah sayuran seperti: terong, anggur, tomat, yang baik untuk peredaran darah.
Namun rahasia utamanya adalah: kehidupan ini terlalu singkat, jadi selalulah berbuat baik.