Wednesday, December 21, 2011

Detoks Alami, Begini Caranya...

DISADARI atau tidak, setiap saat ada begitu banyak racun yang masuk ke dalam tubuh kita, baik lewat makanan, minuman, obat-obatan, dan bahkan juga udara yang kita hirup. Untuk menjaga agar tubuh tidak keracunan, maka tubuh melakukan mekanisme pembuangan racun secara berkala melalui urin, keringat, tinja, dan lain-lain. Jika ingin membantu tubuh kita agar selalu lancar mengeluarkan racun-racun itu, dengan tanpa harus melakukan diet detoks, maka beberapa hal berikut ini bisa kita lakukan.
Minum air putih setidaknya 2 liter setiap harinya
Ini akan membantu tubuh kita mendapatkan energi setiap saat, dan memaksa hati serta ginjal untuk membuang racun. Air putih juga berkhasiat untuk mengatur selera makan kita. Jadi, ayo, kita banyak-banyak minum air putih.
Konsumsi serat makanan
Fiber atau serat makanan, umumnya dapat ditemukan pada biji-bijian, buah, dan sayuran. Serat ini akan membantu kita untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat, yaitu dengan membantu dalam proses pencernaan, agar lancar dan teratur.
Kurangi garam
Tubuh kita memang memerlukan garam. Namun tentu saja dalam ukuran yang tidak berlebihan. Karena kadar sodium yang ditemukan pada makanan, sebenarnya bisa menaikkan tekanan darah tinggi, dan juga menyebabkan terjadinya penyimpanan air di dalam tubuh,  sehingga memperlambat proses pembuangan racun dari tubuh.
Olahraga secara teratur
Berkeringat adalah cara terbaik untuk mengeluarkan racun. Selain itu, berolahraga juga bisa menguatkan detak jantung, dan memberi oksigen ke dalam tubuh. Jadi, mari kita berolahraga, walaupun cuma dengan berjalan kaki. Akan lebih bagus kalau mau bersepeda untuk ke bekerja dan ke sekolah atau kampus.
Mengunyah dengan pelan
Sesibuk apa pun, kalau saatnya makan, nikmatilah. Kunyahlah dengan pelan dan tenang. Sebab, mengunyah makanan secara perlahan, berarti mengizinkan air liur untuk bekerja memproses racun pada makanan. Dengan begitu, maka sistem pencernaan semakin baik, sehingga tidak menyimpan lemak terlalu lama di dalam tubuh.
Nah, ingin tetap sehat, mari mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat.

No comments:

Post a Comment