Sunday, December 18, 2011

Untung Pakai Kartu Kredit atau Uang Tunai?

PADA saat berbelanja, terkadang kita menjadi ragu-ragu, kapan seharusnya kita menggunakan kartu kredit dan kapan menggunakan uang tunai? Dan sebenarnya, apa untung dan ruginya? Selain itu hal-hal apa lagi yang mesti kita perhatikan di saat menggunakan kartu kredit?

Memang, kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup kebanyakan masyarakat di kota besar. Selalu tersedianya mesin gesek kartu di setiap merchant, memudahkan para pengguna untuk bertransaksi. Ditambah lagi dengan beragam promosi dan diskon menggiurkan sebagai fasilitas, bila menggunakan kartu kredit tertentu.

Nah, pada saat-saat seperti itulah, kita bisa memperoleh harga yang baik untuk barang yang kita inginkan. Cuma sayangnya, terkadang kita juga lupa bahwa di balik setiap kemudahan yang diberikan, pastilah ada biaya yang harus kita keluarkan.

Di dalam kartu kredit memang terdapat biaya-biaya, seperti bunga, biaya materai pembayaran, biaya penarikan tunai, biaya keterlambatan, biaya over limit, dan biaya transfer. Nah, biaya-biaya inilah yang harus kita pertimbangkan saat menggunakan kartu kredit.

Maka, sebaiknya kita gunakan uang tunai untuk berbelanja keperluan sehari-hari, seperti makanan, atau keperluan rumah tangga lainnya. Memang, terkadang kita merasa lebih mudah bila menggunakan kartu kredit, dengan alasan malas membawa uang tunai terlalu banyak.

Namun sebaiknya, kita tidak membiasakan diri untuk selalu menggunakan kartu di setiap transaksi. Sebab bagaimanapun juga, uang tunai lebih mudah dikontrol arusnya. Berbeda dengan kalau berbelanja menggunakan kartu kredit, yang tanpa disadari tiba-tiba bisa melebihi budget yang sudah ditetapkan untuk berbelanja.

Jadi, kapan sih sebaiknya menggunakan kartu kredit?

Yang paling tepat adalah, gunakan kartu kredit hanya apabila kita ingin membeli barang yang mengharuskan kita mengeluarkan jumlah dana yang cukup besar, atau yang nilainya mahal, hingga tidak memungkinkan kita untuk membayar tunai. Tapi awas, jangan pula menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu yang sebenarnya belum mampu kita beli.

Kebiasaan ini sebenarnya akan mengakibatkan kita terbelit utang. Maka, hendaknya pastikan dulu kebutuhan kita sebelum membeli. Kalau masih bisa dibayar tunai, ya sebaiknya tidak perlu menggunakan kartu kredit.

Memiliki kartu kredit itu tidak salah. Yang salah adalah, apabila kita tidak disiplin dalam mengontrol penggunaan dan pembayaran tagihannya. Jadi, gunakan kartu kredit secara bijak dan sesuai kebutuhan. Yang perlu diperhatikan ialah, sebisa mungkin hindari penarikan dana tunai dari kartu kredit, karena bunga yang dikenakan lebih tinggi daripada jika kita menggesek kartu tersebut.

No comments:

Post a Comment