Tuesday, December 6, 2011

Hubungan Intim Itu Punya Tujuh Manfaat lho!

KITA TAHU, seks selain sebagai sarana untuk mengekspresikan rasa sayang di antara pasangan, juga bisa jadi sarana mencari kesenangan. Namun ternyata, di samping itu, seks juga baik untuk kesehatan. Jennifer Landa, MD, kepala medis dari BodyLogicMD, dan penulis “The Sex Drive Solution for Women”, menguraikan detail manfaat kesehatan dari seks itu bagi perempuan. Nah, silakan disimak.
1. Meningkatkan kinerja otak
Seks meningkatkan kadar dopamin di tubuh kita. Dopamin itu adalah hormon yang meningkatkan memori dan motivasi. Jadi, pada dasarnya, pencapaian klimaks dalam hubungan intim merupakan hadiah yang terus memberi manfaat kepada kita.

2. Membakar kalori
Malas berolahraga atau ke gym? Tarik suami Anda ke tempat tidur. Aktivitas selama 30 menit di atas tempat tidur akan membakar lebih dari 150 kalori. Itu sama seperti berjalan satu mil di atas treadmill! Dan jangan lupa, 'rasanya' jelas sangat jauh berbeda.
3. Penghilang stres
Kita kadang menderita stres sampai batas tertinggi, dan semua kekhawatiran itu akan membuat tubuh kita melepaskan hormon stres kortisol. Anda tahu masalah yang bisa ditimbulkan oleh kortisol? Terlalu banyak hormon tersebut di dalam aliran darah kita, akan dapat menyebabkan gula darah meninggi dan mendorong penambahan berat badan. Seks akan membuat kita jadi rileks, dan menurunkan kadar stres.
4. Membuat Anda tetap sehat
Seks yang dilakukan secara teratur dengan pasangan kita, ternyata akan dapat mencegah kita terserang flu. Dan hal itu berkat hormon prolaktin. Karena hormon ini memiliki peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan meningkatkan produksi T dan limfosit B (alias sel kekebalan tubuh). Itu setara dengan manfaat yang bisa kita peroleh dari semangkuk sup ayam .
5. Membantu kita tidur
Ketika kita berhubungan seks, maka hormon oksitosin akan dilepaskan. Nah, hormon inilah yang akan meningkatkan ikatan kita dengan pasangan, dan juga membantu kita untuk bisa tidur lelap.
6. Membuat tubuh kita jadi lebih fleksibel
Mari, kita anggap saja seks itu seperti sebuah sesi latihan yang baik: dimana kita menggunakan sejumlah besar otot, selama satu sesi seks yang baik itu, dan pastinya itu jauh lebih menyenangkan daripada kita melakukan olahraga di gym selama satu jam. Bukan begitu?
7. Baik untuk jantung kita
Hormon testosteron biasanya dikaitkan dengan pria berotot besar. Namun sesungguhnya, tubuh perempuan juga memproduksinya. Dan seks membantu meningkatkan pelepasan hormon itu, yang pada gilirannya akan meningkatkan tingkat energi kita, serta memperkuat bagian-bagian tubuh kita yang vital, seperti otot, tulang, dan hati.
Luar biasa bukan? Jadi, mari kita maksimalkan hubungan cinta kasih kita dengan pasangan dalam hubungan intim yang sehat.