Thursday, December 1, 2011

Posisi Duduk yang Benar Saat Menyetir

ADA banyak faktor yang mempengaruhi keselamatan Anda dalam berkendaraan. Kecuali Anda memang ingin mencari celaka di jalan, sebaiknya Anda mencari tahu dan harus memahami benar cara-cara mengemudi yang benar - yang selain akan membuat Anda jadi merasa nyaman di saat berkendara, juga meminimalisir terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh ketidak-tepatan posisi Anda dalam mengemudi. Nah, berikut ini adalah tips mengenai posisi duduk yang tepat di saat mengemudi. Silakan disimak.
Posisi duduk dalam berkendara merupakan hal yang sangat penting. Karena, posisi duduk yang salah dapat mencederai Anda, dan bahkan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.
Untuk dapat mengetahui apakah posisi duduk Anda sudah benar, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang dilansir dari seminar Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) beberapa waktu lalu di Sentul, Jawa Barat.
Untuk mengetahui posisi duduk yang benar, bisa Anda lakukan dengan mengikuti panduan ini: Posisikan duduk Anda di kursi mengemudi senyaman mungkin, dalam posisi bersandar, lalu ulurkan kedua tangan hingga Anda bisa menggenggam bagian atas kemudi. Nah, itulah jarak ideal pengemudi dengan stir. Setelah mendapatkan jarak itu, turunkan tangan ke posisi mengemudi - yaitu di sisi kanan-kiri lingkaran stir,
sehingga didapatkan sudut kurang lebih 126 derajat pada bagian siku. Itulah posisi yang benar dalam mengemudi.
Yang perlu diperhatikan juga ialah ketinggian kursi mengemudi Anda. Sebab, seringkali orang mengemudi dengan posisi duduk yang terlalu tinggi atau terlampau rendah. Dan hal itu, sudah pasti akan mengganggu keleluasaan pengemudi dalam melihat sekitar, yang pastinya juga akan mengurangi kenyamanan - karena harus sering membungkuk atau memanjangkan leher buat memantau situasi di sekitar kendaraan.
Sedangkan yang terakhir, yang juga perlu Anda tepat ialah posisi penahan kepala Anda. Aturlah penahan kepala Anda agar posisinya sejajar dengan kepala. Hal itu perlu, supaya kepala dapat bersandar untuk melepaskan lelah, dan mencegah cedera leher saat terjadi kecelakaan.
Nah, selamat berkendara dengan nyaman dan selamat.