Sunday, December 11, 2011

Padang Garam, Salar De Uyuni

PERNAH ke Madura dan melihat kawasan pembuatan garam? Kalau Anda penggemar fotografi, Anda pasti telah mendapatkan banyak obyek foto yang sangat menarik dan luar biasa di sana. Tapi itu belum seberapa dibandingkan kalau Anda ke Salar De Uyuni, di Bolivia, Amerika Selatan, yaitu sebuah padang garam terbesar di dunia, yang memiliki  luas 10.582 km atau 4.085 mil persegi.

Tempat ini merupakan salah satu penghasil mineral yang utama di dunia. Dan dari Padang Salar de Uyuni ini, selain garam dan gipsum, juga telah ditambang lithium. Diperkirakan, kawasan ini mengandung 9 juta ton lithium, atau lebih dari seperempat sumber daya yang sudah ditambang di dunia.
Padang garam ini terletak di barat daya Bolivia, dekat puncak Andes, yaitu pada ketinggian 3.650 meter di atas permukaan laut. Diperkirakan, Salar de Uyuni ini mengandung 10 miliar ton garam, dan setiap tahunnya diekstrak sekitar 25.000 ton.
Pada bulan November, 3 spesies burung Flaminggo, yaitu Chili, Andes, dan James, berkembang biak di Salar de Uyuni ini. Dan unggas-unggas itu merupakan salah satu daya tarik tempat ini, sehingga menjadikannya sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang sangat terkenal.
Menurut penelitian, tempat ini merupakan sisa-sisa dari danau pada zaman prasejarah, yaitu Danau Michin, yang pada sekitar 40.000 tahun silam dikategorikan sebagai danau terbesar di bumi.



No comments:

Post a Comment