Monday, December 12, 2011

Tips Menghadapi Turbulensi Pesawat

MEREKA yang kerap bepergian dengan menggunakan sarana transportasi udara pasti sering mengalami kejadian yang tak mengenakkan ini, yaitu terguncangnya pesawat pada saat tinggal landas maupun mendarat, dan juga karena ketidak-stabilan udara yang dilintasinya. Guncangan-guncangan pada pesawat (turbulensi) ini, sudah pasti akan membuat kebanyakan penumpang pesawat jadi merasa takut dan waspada. Bahkan ada juga yang mengalami mabuk udara saat merasakan guncangan tersebut, terutama kalau guncangan-guncangan terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama.

Karena turbulensi adalah situasi yang tak mungkin bisa dihindari, apa yang sebaiknya dilakukan agar Anda tak mengalami hal tersebut, yang terkadang menyiksa perjalanan Anda selama di pesawat. Berikut ini ada beberapa tips yang telah dirangkum Ghiboo untuk mengatasi turbolensi ini.
1. Hindarilah tempat duduk yang terletak di dekat pintu darurat, karena orang yang duduk di dekat pintu darurat semestinya adalah orang yang tidak mudah panik, dan bisa bertanggungjawab membuka pintu di saat keadaan darurat.
2. Persiapkan diri sebelum pesawat lepas landas, misalnya, pergi ke toilet. Karena berada di toilet saat turbolensi sangat berbahaya. Hindari, minuman yang dapat membuat Anda mudah ingin buang air kecil.
3. Pahami mengapa turbulensi bisa terjadi. Hal ini dapat mengurangi rasa takut Anda.
4. Jangan lepaskan sabuk pengaman Anda. Jika diminta untuk kembali ke tempat duduk atau mengencangkan sabuk pengaman, maka lakukanlah dengan segera. Hal ini mungkin terdengar seperti himbauan biasa, akan tetapi akibat ketidak-waspadaan penumpang pada saat turbulensi terjadi, bisa membuat penumpang terluka. Maka gunakanlah selalu sabuk pengaman, bahkan pada saat tidak diinstruksikan. Sebab pilot tidak selalu sempat menginformasikan kepada penumpang, karena turbulensi bisa terjadi secara spontan. Apabila penerbangan cukup panjang, lebih baik longgarkan saja sabuk pegaman kursi Anda sedikit, daripada melepasnya.
5. Kalau Anda sedang memegang minuman panas, sebaiknya buang saja minuman tersebut ke kantong plastik yang biasanya telah disediakan, agar tidak tertumpah dan melukai kulit.
6. Rileks sejenak dan kontrol pernapasan. Ketika Anda mulai panik, maka pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan secara mandiri ialah, mengambil napas dalam-dalam. Lakukanlah secara perlahan. Kemudian, lemaskan tubuh dengan sedikit peregangan akan dapat menghilangkan ketegangan pada tubuh Anda.
Nah, selamat bepergian dengan pesawat udara. Semoga perjalanan Anda selalu lancar, dan sampai di tujuan dengan selamat.