Friday, December 30, 2011

Rawat Sendiri Sunroof Mobil Anda

MOBIL keluaran baru banyak yang sudah memiliki sunroof, baik sebagai pilihan maupun kelengkapan standar. Sunroof yang biasa digunakan adalah tipe panoramic, dimana bagian depan bisa dibuka dengan menggeser ke atas.
Pabrikan mobil pun umumnya memberi garansi pada fitur sunroof. Sebut saja Kia yang memberi garansi komponen sunroof selama lima tahun atau 150.000 km.

Meski tidak ada usia pakai optimal, sunroof tetap harus dirawat dan dibersihkan. Bagaimana caranya? Silakan ikuti tips berikut ini....
Sebelum memulai, sebaiknya siapkan peralatan seperti kuas, cairan pembersih karet yang mengandung silikon, pelumas semprot, dan kain lap.
1. Bersihkan kotoran yang menempel di karet sunroof dengan cairan khusus yang mengandung silikon, karena tidak merusak karet. Setelah itu, bersihkan karet sunroof dengan lap kain bersih. Tujuannya, agar karet tidak cepat getas yang mengakibatkan kebocoran. Lakukan minimal sebulan sekali.
2. Perhatikan kebersihan saluran pembuangan air yang terletak di bagian belakang ujung kaca panoramic. Pastikan saluran air tidak tersumbat. Bersihkan dengan menyiram air ke dalam saluran buangan itu,  atau bisa juga dengan kompresor udara.
3. Mengingat sunroof tipe geser memakai sliding rail, bagian tersebut perlu diolei pelumas khusus agar kinerjanya tetap optimal. Caranya, dengan melumasi rel sunroof dengan grease (gemuk) cair yang berbentuk tabung.
4. Lakukan perawatan rutin ke bengkel resmi untuk membersihkan bagian dan melumasi rel yang tidak terjangkau karena harus membuka plafon. Lakukan ini minimal 6 bulan sekali.

No comments:

Post a Comment