Monday, August 15, 2011

Asal Usul Teddy Bear

Saya yakin Anda sudah tahu bahwa nama panggilan Theodrore Roosevelt, Presiden Amerika, adalah Teddy. Dan bisa jadi juga, Anda pun sudah tahu kalau nama Teddy Bear itu diambil dari namanya. Tapi... apa Anda tahu, apa sebabnya boneka beruang itu dikasih nama dengan namanya? Oke, kalau Anda sudah tahu, ya syukurlah. Tapi kalau Anda belum tahu, silakan simak terus tulisan ini. Nah, begini ceritanya:

Suatu hari, Presiden Theodore Roosevelt pergi berburu. Seekor beruang tertangkap dan diikat agar presiden dapat menembaknya, namun presiden Roosevelt tidak mau membunuhnya. Kisah ini menjadi buah bibir dan semakin terkenal setelah orang-orang memberitakannya di media massa dan juga menggambarkan kartunnya.
Seorang laki-laki bernama Morris Michtom memiliki toko permen dan alat-alat tulis. Istrinya yang bernama Rose, kadang-kadang membuat boneka beruang kecil, yang diletakkan di depan toko mereka. Morris melihat kartun beruang di koran dan mendapatkan sebuah ide. Dia meminta istrinya membuat beberapa boneka beruang, yang bentuknya seperti kartun beruang yang ada di koran itu.
Lalu Morris menulis surat yang ditujukan ke Gedung Putih, yang menanyakan apakah beruang baru itu boleh diberi nama dengan nama yang mirip dengan presiden. Presiden mengirimkan balasannya, “Saya pikir nama saya tidak begitu berharga dalam bisnis beruang, tapi Anda boleh saja menggunakannya.”
Akhirnya, Morris meletakkan beruang-beruang baru itu di jendela tokonya, di sebelah gambar kartun. Boneka beruang itu dinamakan dengan nama panggilan presiden Roosevelt, Teddy. Dan semenjak itu, sampai sekarang, boneka beruang tersebut terkenal dengan nama ‘Teddy Bear’.

No comments:

Post a Comment